Pj Bupati Bone Siap “Gusur” Kepala OPD jika Tak Dukung 8 Program Prioritas Pj Gubernur Sulsel

KABARBONE.COM, BONE –Mendapat tanggung jawab sebagai Penjabat (Pj) Bupati Bone, Andi Islamuddin meminta kerjasama seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Bone.

Ia menekankan Kepala OPD untuk mampu merampungkan 8 program prioritas atau strategis yang diamanahkan Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin.

Bacaan Lainnya

Kedelapan program prioritas itu yakni pertama, menyukseskan penyelenggaraan
pemilu dan pilkada serentak 2024.

“Ini program prioritas pertama yang disampaikan oleh Pj Gubenur (Bahtiar Baharuddin,red) saat melantik saya sebagai Pj Bupati Bone. Dan kami sudah pastikan semua pembiayaan Pemilu dan Pilkada sudah tercover di APBD Bone tahun anggaran 2024. Totalnya ada Rp 100 miliar, termasuk untuk Hibah KPU, Bawaslu dan biaya pengamanan TNI-Polri dan Satpol PP,” ungkapnya.

Kedua kata Islamuddin yakni pengendalian inflasi. Ketiga, penanganan stunting dan gizi buruk. Keempat, pengentasan kemiskinan ekstrem. Kelima, ketahanan dan kedaulatan pangan.

Keenam, kemudahan pelayanan publik dan investasi. Ketujuh, sinergi program prioritas nasional dan daerah. Kedelapan, stabilitas keamanan, ketentraman dan ketertiban umum.

Islamuddin pun menegaskan tidak segan-segan untuk mengevaluasi Kepala OPD yang tidak mampu bekerjasama dengannya untuk merampungkan 8 program prioritas itu.

“Daripada saya yang digusur, lebih anda yang saya gusur. Masa saya mau menangis sementara anda tertawa,” tegas Islamuddin, saat membuka acara outbond Forum Jurnalis Bone, Selasa (26/9/2023) sore.

Meski kata Islamuddin dirinya hanya penjabat Bupati, namun dirinya juga memiliki kewenangan untuk mengganti kepala OPD.

Baca Juga  AIA Maju Pilgub, Peluang Andi Islamuddin Diusung Gerindra Terbuka Lebar

“Tugas dan tanggung jawab ini (penjabat) sama aja dengan Bupati (definitif). Kewenangannya sama,” pungkasnya.

“Yang bisa dilakukan Bupati, saya juga bisa melakukannya, cuman ada syarat-syaratnya yang harus saya penuhi,” imbuhnya.

Islamuddin berharap semua stake holder mampu berkolaborasi dengan baik, agar ia mampu menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai Pj Bupati Bone hingga akhir.

Ia juga meminta sinergitas rekan-rekan media untuk membantu dalam menjalankan amanah sebagai Pj Bupati Bone.

“Tak ada orang hebat tanpa bantuan orang lain termasuk Pj Bupati. Olehnya sinergitas semua pihak kami harapkan termasuk rekan-rekan media agar kami mampu menjalankan amanah ini dengan baik. Silahkan kritik kami, tapi tetap mengedepankan etika dan nilai-nilai Sipakatau Sipakalebbi (Saling menghormati,red),” ungkapnya.

Sebagai informasi, Islamuddin dilantik sebagai Pj Bupati Bone oleh Pj Gubernur Sulsel pada Senin, 26 September 2023 lalu. Sebelum menjabat Pj Bupati Bone, Islamuddin merupakan Sekretaris Daerah di Bumi Arung Palakka itu. (*)

Pos terkait