Bupati Bone Harap Festival Tanjung Pallette Masuk Kharisma Event Nusantara

KABARBONE.COM, BONE-Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Bone bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan (Disbudpar) Provinsi Sulawesi Selatan menggelar acara bertajuk “Festival Tanjung Pallette”.

Ada empat item kegiatan dilaksanakan pada Festival Tanjung Pallette, yakni Culinary Tourism, Art & Folk Cultural, UMKM Exhibition, dan Short Film and Photography.

Bacaan Lainnya

Festival Tanjung Pallette dimulai dengan semarak Lomba Bakar Ikan yang diikuti oleh beberapa kecamatan, OPD dan instansi vertikal.

Kegiatan ini berlangsung dua tempat, yakni di Kawasan Wisata Tanjung Pallette, dan Lapangan Merdeka Watampone, yang berlangsung 2- 6 Agustus 2023.

Kadis Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan Muh Arafah membuka kegiatan tersebut di Wisata Tanjung Pallette, Kota Watampone, Rabu (2/8/2023).

Turut hadir Bupati Bone Dr. H.A. Fahsar M Padjalangi, M.Si., Wakil Bupati Bone Drs. H. Ambo Dalle, M.M., Wakil Bupati Wajo Amran,S.E., Forkopimda Bone, Asisten II Kota Bontang mewakili Walikota Bontang, Danki I Brimob Bone , Kalapas Bone, Kepala OPD Bone, Kakan Kemenag Bone, kepala OPD dan tamu undangan lainnya.

Bupati Bone Dr H.A. Fahsar M Padjalangi, M.Si., menuturkan Festival Tanjung Pallette menuturkan potensi wisata Wisata Tanjung Pallette sangat besar untuk dikembangkan ke depan.

Bahkan, Pemerintah Kabupaten Bone sedang mendesain Kawasan Tanjung Pallette serta Perda Kepariwisataan agar menjadi pusat wisata yang ramai dikunjungi ke depan

“Beberapa waktu yang lalu, kami sudah mengajak konsultan dari Bandung yang menang tender untuk mendesain Tanjung Pallette, karena Tanjung ini sangat menarik karena jika dilihat dari atas, sebuah pulau kecil dikelilingi sungai,” kata Bupati Bone.

Baca Juga  Terpilih Secara Aklamasi, Sekda Bone Jabat Ketua Korpri Bone Periode 2019-2024

Selain Tanjung Pallette, Bupati Bone menyebut sangat banyak potensi wisata yang menarik. Diantaranya Wisata Hutan Pinus Bulu Tanah, Goa Mampu, dan lainnya.

” Hal ini menarik bagi pencinta wisata, dan kami juga memberikan keleluasan desa untuk mengembangkan potensi wisata di desanya, seperti Wisata Bulu Tanah saat ini,” kata Bupati Bone.

Bupati berharap Festival Tanjung Pallette dapat menjadi bagian kalender Karisma Event Nusantara atau (KEN) di Indonesia di masa mendatang.

KEN, merupakan strategi kolaborasi Kemenparekraf bersama Pemerintah Daerah dan seluruh stakeholder pariwisata untuk menaikkan citra pariwisata Indonesia dan penggerak kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

” Olehnya itu, kami meminta dukungan semua pihak, perlu ada kolaborasi mulai dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi agar Bone menjadi tujuan wisata ke depan,” kata Bupati Bone.

Sementara itu Kadis Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan Muh. Arafah menuturkan Festival Tanjung Pallette sudah jauh hari direncanakan dengan kolaborasi Pemerintah Kabupaten Bone bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan.

“Suatu kebanggan dan suka cita bagi kita semua berkumpul untuk menyemarakkan Festival Tanjung Pallette yang mana kegiatan ini didukung Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan,” kata mantan Kadis Perhubungan Sulawesi Selatan ini.

“Bapak Gubernur dan kita semua harapkan Festival Tanjung Pallette akan membantu mempromosikan wisata dan budaya lokal Bone sekaligus bisa menjadi momen melestarikan budaya,” tambahnya. (*)

Pos terkait