Petani Desa Baringeng Sukses Kembangkan Tanaman Jahe, Wabup Bone Hadiri Panen Raya

KABARBONE.COM, LIBURENG – Petani Desa Baringeng, Kecamatan Libureng Kabupaten Bone, Sulawesi selatan sukses mengembangkan tanaman jahe.

Komoditi jahe yang mulai dikembangkan sejak 2005 ini dulunya hanya berkisar 10 Hektar luas lahan, dan ditahun 2020 sudah  digeluti secara massif oleh petani Desa Baringen. Bahkan luas areal tanaman jahe di desa ini sudah berkisar 110 Hektar.

Bacaan Lainnya

Wakil Bupati Bone Drs.H.Ambo Dalle, MM turut menghadiri panen raya jahe Di Desa Baringeng, Kecamatan Libureng, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Rabu 2 September 2020.

Desa yang berbatasan dengan kecamatan Bontocani kurang lebih 600 mdpl (meter di atas permukaan laut) memang sangat ideal untuk ditanami jahe.

“Pengembagan tanaman jahe di daerah ini mulai dikembangkan tahun 2005 silam, asal bibit dari Mallawa, Camba, Kabupaten Maros dan sekarang Mallawa yang membeli bibit disini” kata Sekcam Libureng, Andi Syamsul Musrya.

Dituturkannya kembali, petani menggunakan bibit varietas gajah dengan luas pertanaman 10 Ha ditahun 2005, Kini ditahun 2020 sudah mencapai 110 Ha dengan jumlah petani 170 orang.

“Perkembangan harga jahe ditahun 2018/2019 melonjak diangka Rp.35.000/kg. Ditahun 2020 harga jahe turun diangka Rp.21.000/kg,” tuturnya.

Lebih lanjut A.Syamsul menjelaskan Kegiatan budidaya petani pada waktu tanam bulan November-Desember dan waktu panen setiap tahunnya dibulan Agustus-September dengan kebutuhan benih per Ha sebanyak 1.400kg dengan produksi 25.000kg hingga 30.000kg.

Sementara itu, Wakil Bupati Bone, Ambo Dalle sangat mengapresiasi inisiatif Kepala Desa Baringeng yang ingin meningkatkan kesejahtraan masyakatnya dengan menanam jahe.

Baca Juga  Hari Santri Nasional 2021, Wakil Bupati Bone Jadi Irup di Kantor Kemenag Bone

“Apa yang dilakukan petta desa perlu dijadikan contoh untuk meningkatkan kesejahtraan masyarakat. Tidak apa-apa kita meniru demi kebaikan, apalagi pangsa pasar jahe saat ini sangat dibutuhkan,” ungkap Mantan Ketua DPRD Bone dua periode ini.

“Saya mewakili pemerintah daerah memberikan selamat kepada masyarakat Desa Baringeng atas panen perdananya” jelas wabup Bone dalam sambutannya.

Wakil Bupati Bone berharap agar pengembangan tanaman jahe ini terus dikembangkan.

Turut hadir, Anggota DPRD Bone Asrul Harahap, Asisten ll A.Gunadil Ukra, Staf Ahli Bupati A.Alimuddin, H.Baharuddin, Kasat Pol PP A.Akbar, Kadis Pertanian H.Sunardi Nurdin, dan Kepala Desa Baringeng Akbar. (dy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *