Pj Gubernur Sulsel Diberi Gelar Daeng Mappuji oleh Dewan Adat Bone

KABARBONE.COM, BONE – Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin dianugerahi gelar Daeng Mappuji oleh Dewan Adat Saoraja Kabupaten Bone, Jumat (19/4/2024).

Pemberian gelar tersebut serangkaian dengan ritual Pra-Mattompang di ruang musium penyimpanan pusaka kerajaan Bone di halaman Rujab Bupati Bone, Jalan Petta Ponggawae, Watampone.

Bacaan Lainnya

Daeng Mappuji dari literatur Bahasa Bugis bermakna sosok pemimpin yang mencintai dan menyayangi rakyatnya serta tegas menjalankan amanah yang ditugaskan negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Saya tidak pernah membayangkan akan mendapatkan anugerah gelar ini kendati saya orang Bone, tapi ini adalah penegasan dan tanggung jawab besar untuk kepentingan rakyat Bone,” kata Bahtiar Baharuddin.

Dia menambahkan, Daeng Mappuji yang disematkan padanya adalah simbol bagian dari keluarga besar rakyat Bone serta karakter kepemimpinan yang diinginkan rakyat Bone.

Selain gelar, Bahtiar Baharuddin juga mendapatkan sebilah badik ‘Tappi to Bone’ dari komunitas adat Bone.

“Saya lahir dan besar di Bone. Kejadian hari ini mungkin sudah menjadi rencana Tuhan. Bagi saya, ini adalah penghargaan yang sangat berarti sebagai bagian dari keluarga besar Bone,” tuturnya.

Bahtiar mengatakan, pemberian gelar ini tidak hanya merupakan sebuah penghargaan, tetapi juga membawa pesan dan tanggung jawab yang besar.

“Kepercayaan yang diberikan oleh rakyat Bone melalui pemuka adat dan budaya memberikan karakter tersendiri kepada saya. Ini menjadi pengingat bagi saya bahwa seorang pemimpin harus selalu dekat dengan rakyatnya,” ungkap dia.

Baca Juga  Sisa menghitung Menit, Sekda Bone Duduki Pj Bupati Bone

Hadir mendampingi Pj Gubernur Sulsel, Ketua TP PKK Prov. Sulsel Sofha Marwah Bahtiar, Pj Bupati Bone H. Andi Islamuddin, Ketua TP PKK Kab. Bone Hj. Kurniati A. Islamuddin, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Bone, beberapa Kepala OPD Prov. Sulsel, dan Delegasi Kerajaan Selangor Malaysia.

Hadir pula Asisten Setda, Kepala OPD Bone, para Kabag dan Camat, pengurus Tim Penggerak PKK Kab. Bone, Budayawan, pemerhati Budaya dan tamu undangan lainnya. (**)

Pos terkait