Amran Sulaiman dan Nurdin Halid disebut “King Maker” arah Pilkada Bone

KABARBONE.COM, BONE – Dua tokoh nasional yakni Andi Amran Sulaiman dan Andi Nurdin Halid (NH) disebut-sebut akan menjadi penentu arah politik di Bone menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bone November mendatang.

Keduanya dianggap punya power menjadi “King Maker” menentukan arah usungan koalisi partai ke depan.

Bacaan Lainnya

Keduanya diyakini dapat menjembatani kepentingan elit partai dan elit lokal menjelang pendaftaran bakal Calon Bupati Bone dan Wakil Bupati Bone akhir Agustus bulan depan.

Andi Amran Sulaiman di ketahui saat ini menjabat sebagai Menteri Pertanian Kabinet Indonesia Maju. Ia juga diketahui seorang pengusaha triliuner pemilik Tiran Grup.

Diketahui Andi Amran Sulaiman juga mendorong adik kandungnya maju calon Bupati Bone yakni Andi Asman Sulaiman yang saat ini menjabat Kepala Dinas TPHP Bone.

Sedangkan Nurdin Halid diketahui adalah tokoh senior Golkar.

Ia merupakan Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar sekaligus Caleg DPR RI Sulsel 2 terpilih pileg lalu. Selain politisi, Nurdin Halid juga diketahui seorang pengusaha.

Diketahui Adik Nurdin Halid yakni Hj Andi Syamsiar Halid juga didorong sebagai calon Bupati Bone periode 2024 – 2029.

Salah satu tokoh masyarakat Andi Cece kepada kabarbone.com menjelaskan apabila klan Sulaiman dan Klan Halid ini bisa menyatu, potensi tidak ada lawan berat di Pilkada Bone ke depan.

“Sebagai mana kita ketahui bahwa kedua tokoh nasional ini punya energi besar, punya jaringan politik ditingkat elit hingga lapisan masyarakat paling bawah dan punya kekuatan finansial. Jika kedua kekuatan ini bersatu, anggaplah Andi Asman Sulaiman berpasangan dengan Hj. Andi Syamsiar Halid di Pilkada Bone, saya kira peluangnya besar untuk menang,” ungkap Andi Cece salah satu tokoh Masyarkat Bone, Rabu (10/7/2024).

Baca Juga  Masuk Radar Bursa Calon Bupati Bone, Begini Respon Ketua Kadin Bone

Ia pun menyebut kekuatan Andi Amran Sulaiman dapat dilihat saat mengusung anak kandungnya yakni maju Caleg Gerindra Andi Amar Maruf yang meraih suara tertinggi semua Caleg se Sulsel sebanyak 187.560 suara, bahkan di Bone tembus 80 ribu lebih suara.

Ia juga meyakini kedatangan Presiden Jokowi ke Bone baru-baru ini merupakan isyarat Andi Amran Sulaiman ke masyarakat Bone bahwa ia memang orang berpengaruh hingga istana.

Ia mengamati suara para petani di kalangan bawah masih milik Andi Amran Sulaiman dan masih solid.

“Jika terjadi perkawinan politik kedua tokoh nasional ini untuk Pilkada Bone menurut amatan pribadi saya adalah lawan tangguh bagi pasangan calon yang lain. Akan tetapi beda lagi ceritanya, kalau misalnya masing-masing mengusung sendiri dan tidak berkoalisi,” sebutnya.

Selain kedua nama di atas yang masuk radar bursa Calon Bupati Bone yang siap berkontestasi pada Pilkada Bone yakni Yasir Machmud, Anggota Komisi III DPR RI Andi Rio Idris Padjalangi, Pj Bupati Bone Andi Islamuddin, Andi Akmal Pasluddin, Samahuddin Muharram. (*)

Pos terkait