Bawaslu Bone Laporkan Dugaan Pelanggaran Kode Etik Ketua KPU Bone di DKPP

KABARBONE.COM, BONE – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bone menyerahkan dokumen pengaduan dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh saudara Yusran Tajuddin ke DKPP RI, Senin (10/6/2024) kemarin.

Dokumen laporan pengaduan tersebut diserahkan langsung oleh anggota Bawaslu Kabupaten Bone, Rohzali Putra dan Muhammad Aris kepada Staf DKPP RI, Sandika Putra Revido dengan nomor aduan 329/02-10/SET-02/VI/2024.

Bacaan Lainnya

Komisioner Bawaslu Rohzali Putra menjelaskan berdasarkan hasil analisis dan kajian ditemukan dugaan pelanggaran kode etik dilakukan Ketua KPU Bone Yusran Tajuddin.

“Analisis dan kajian dugaan pelanggaran, bahan keterangan serta bukti selama proses penelusuran dan klarifikasi telah diserahkan kepada DKPP”ujar Rohzali Putra, Senin (10/6/2024).

Selanjutnya, DKPP akan melakukan verifikasi administrasi terkait dokumen pengaduan yang diserahkan, apabila dinyatakan lengkap selanjutnya akan diregister untuk penentuan jadwal sidangnya.

“Sesuai penyampaian Staf DKPP RI, kita tinggal menunggu proses selanjutnya mulai dari verifikasi administrasi dokumen hingga jadwal sidang” ungkapnya.

Adapun untuk proses dan hasilnya menjadi kewenangan dari DKPP itu sendiri,”lanjutnya.

Sebelumnya, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu Bone) mengatakan pihaknya menemukan pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh Ketua KPU Bone, Yusran Tajuddin.

Kordiv Penanganan Pelanggaran Bawaslu Bone, Nur Alim menjelaskan pihaknya memeriksa 15 orang terkait dengan dugaan penggelembungan suara yang diduga dilakukan oleh Ketua KPU Bone.

“Yang kami periksa itu 15 orang dengan komisioner, dari 15 orang tersebut 1 orang dilanjutkan dilaporkan ke DKPP atas nama YT” pungkasnya. (*)

Baca Juga  10 Nama Calon Anggota Bawaslu Bone yang Lolos Tes Kesehatan dan Wawancara

Pos terkait