Ketua KPU Bone Angkat Bicara Soal Viralnya Percakapan Perintahkan PPK Gelembungkan Suara Caleg Gerindra

KABARBONE.COM, BONE – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone mendapat sorotan tajam setelah viralnya screnshoot, vidio dan rekaman suara yang diduga dilakukan Ketua KPU Bone Yusran Tajuddin kepada bawahannya.

Dalam percakapan itu diduga Yusran memerintahkan PPK melakukan manipulasi suara Caleg Provinsi Partai Gerindra Andi Tenri Abeng Salangketo pada Pileg 2024 lalu.

Bacaan Lainnya

Andi Tenri Abeng diketahui caleg provinsi terpilih yang tak lain adalah anak dari Pj Bupati Bone, Andi Islamuddin.

Andi Tenri Abeng bersaing ketat dengan Yasir Mahmud pada saat pileg lalu yang tak lain juga Caleg Provinsi Gerindra peraih suara terbanyak Pileg 2024 lalu.

Dikonfirmasi, Ketua KPU Bone, Yusran Tajuddin membantah dirinya terlibat dalam praktik manipulasi data perolehan hasil Pemilu 2024 untuk caleg tertentu.m

Ia mengatakan apa yang tersebar merupakan upaya untuk menyeret namanya menjelang pelaksanaan Pilkada 2024.

“Biasalah di politik ada yang mencoba menggelindingkan bola-bola ini. Kami di KPU secara transparansi kemarin rekap tidak ada yang komplain,” ungkapnya, Selasa (28/5/24) sore.

Terkait dengan tanggapan layar percakapan yang mengatasnamakan dirinya, dia mengaku tidak dapat mempertanggungjawabkan.

“Kalau ada pihak merasa dirugikan kan ada Bawaslu, silahkan ke Bawaslu Konfrontir dengan itu, karena kalau saya jawab ya saya bilang tidak,” ungkapnya.

Ssbelumnya diberitakan, warga Bone dihebohkan dengan percakapan WhatsApp diduga Ketua KPU Bone Yusran Tajuddin dengan anggota PPS pada Pileg 2024 lalu.

Screenshot isi percakapan mereka menghebohkan Group WhatsApp dan membuat sejumlah pihak bertanya-tanya.

Baca Juga  KPU Bone Ungkap 666 Bacaleg di Bone Belum Memenuhi Syarat

Berdasarkan penggalan chat tersebar, nampak kontak diduga Yusran Tajuddin tersimpan dengan nama ‘KPU Pak Yoesran’ dengan foto profil Yusran Tajuddin.

Dalam isi chat WhatsApp ini, Yusran memberikan pesan, mengingatkan PPK agar memindahkan suara partai Gerindra ke calon Anggota DPRD Sulsel, yakni Andi Tenri Abeng.

“Jadi pending sebelum finalisasi. Ingat juga Andi Tenri Abeng 50 suara parpol nah Gerindra Provinsi,” bunyi pesan tersebut.

Perintah Yusran dibalas dengan Emoticon sedih oleh oknum diduga PPS kemudian dibalas oleh Yusran dengan pesan “Gass-mi Waseng Nah (Lakukan saja),” bunyi pesan tersebut.

Selain juga beredar rekaman percakapan lewat telepon diduga Ketua KPU Bone memerintahkan oknum PPK divisi data untuk melakukan perubahan suara caleg.

“Bagaimana kah nanti pak, itu ji nanti hasilnya yang dibacakan kalau pleno, apalagi saya divisi data soalnya,” ujar suara perempuan yang diduga salah satu oknum PPK.

“Iya, itu ji yang dibaca,” kata suara yang diduga Ketua KPU Bone.

“Sudahmi disampaikan ke panwas kah pak, soalnya saya juga takut kasian kalau ada masalah, asal di backup ji ki pak,” kata perempuan itu lagi

“Iya sudah,” timbal suara yang diduga Yusran Tajuddin.

Diketahui, Andi Tanri Abeng merupakan Caleg DPRD Provinsi Sulsel terpilih dari Partai Gerindra, nomor urut 3.

Berdasarkan rekapitulasi perolehan suara KPU Bone, putri Pj Bupati Bone tersebut, Andi Islamuddin itu meraih 51.288. (*)

Pos terkait