Malam-malam Puluhan PKL Geruduk Rujab Bupati Bone

KABARBONE.COM, BONE – Puluhan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang didominasi emak-emak malam-malam menggeruduk Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Bone, Senin (20/5/2024), sekitar pukul 22.00 Wita.

Perwakilan PKL ini nekad ingin menemui Pj Bupati Bone Andi Islamuddin menyusul larangan PKL berjualan di pelataran luar Masjid Agung Al Markas tepatnya di Jalan Hos Cokroaminoto.

Bacaan Lainnya

Para PKL ini meminta kebijakan agar diizinkan berjualan selama ada pemberangkatan Calon Jamaah Haji (CJH).

Diketahui pemberangkatan rombongan CJH Bone kloter 1, akan berangkat besok, Senin (20/5/2024).

Emak-emak ini pun, disambut oleh puluhan Satpol PP Bone yang berjaga di Rujab Bupati Bone.

Rombongan PKL ini pun mendesak, untuk menemui Pj Bupati Bone.

“Kita datang disini untuk bertemu pak Bupati meminta kebijakan agar kami diijinkan untuk mencari rezeki. Setiap ada keberangkatan haji kami selalu berjualan dan barusannya tahun ini ada larangan. Kita hidup dari berjualan ketika ada keramaian, kasihan kami ini pak,” ungkap salah satu emak-emak yang enggan dipublikasikan namannya.

PKL lainnya yakni Mida mengatakan menyusul adanya larangan berjualan di pemberangkatan CJH ini, ia dan puluhan PKL lainnya kata dia bisa merugi karena sudah keluarkan modal untuk belanja keperluan jualan.

“Kasian kami ini pak, kami sudah keluarkan modal dan bahkan banyak teman-teman PKL yang pinjam di koperasi untuk modal usaha, tiba-tiba ada larangan dari Satpol untuk berjualan di depan Masjid Agung saat pemberangkatan jamaah haji,” ungkapnya.

Sedangkan Kepala Bidang Trantib Satpol PP Bone A. Arwin saat menerima perwakilan PKL menegaskan bahwa zona tersebut merupakan zona larangan untuk berjualan.

Baca Juga  Sambut Hari Jadi Bone ke-691, Pemkab Bone Gelar Khatam Quran

“Kita tidak melarang, tapi aturan yang melarang. Sebagai manusia, kami juga tahu keluhannya teman-teman PKL, tapi kami hanya melaksanakan aturan dan perintah atasan,” ungkapnya.

Ia pun mengarahkan perwakilan PKL untuk menemui Pj Sekda Bone Andi Gunadil Ukra karena Pj Bupati Bone masih perjalanan ke Bone dari dinas luar kota.

“Kalau kebijakan bukan di kami, silakan perwakilan PKL bertemu dengan Pj Sekda Bone,” jelasnya.

Dari pantauan, puluhan PKL masih bertahan depan Rujab Bupati Bone untuk menunggu kepastian. (*)

Pos terkait