Calon Perseorangan di Pilkada Bone Sepi Peminat, Kandidat Prioritas Berburu Rekom Partai

KABARBONE.COM, BONE – Pencalonan kepala daerah dari jalur perseorangan pada Pemilihan Kepala Daerah(Pilkada) Tahun 2024 di Kabupaten Bone sepi peminat.

Meski sebelumnya KPU Bone telah mengumumkan jadwal penerimaan jalur perseorangan, namun hingga batas akhir waktu yang ditetapkan, belum ada yang mendaftar alias nihil.

Bacaan Lainnya

Komisioner KPU Kabupaten Bone Koodinator Divisi Penyelenggaran Zainal menyebutkan tidak ada satupun calon perseorangan Bupati dan Wakil Bupati Bone yang datang mendaftar atau menyerahkan dukungan di Kantor KPU Kabupaten Bone.

“Mulai pengumuman penyerahan dukungan calon perseorangan Bupati dan Wakil Bupati Bone sejak tanggal 5 Mei 2024 hingga berakhirnya tahapan Penyerahan dokumen syarat dukungan Pasangan Calon perseorangan kepada KPU Kabupaten Minggu, 12 Mei 2024 pukul 23.59 WITA tak ada satupun tim maupun bakal calon perseorangan yang mendaftar ataupun sekedar konsultasi di KPU Kabupaten Bone,” kata Zainal kepada awak media, Senin (13/5/2024).

Dia menambahkan dengan berakhirnya tahapan Penyerahan dokumen syarat dukungan Pasangan Calon perseorangan kepada KPU Kabupaten Bone, maka dipastikan calon non partai di Pilkada Bone 2024 nihil.

Diketahui, Calon Bupati – Wakil Bupati yang akan maju jalur perseorangan di Pilkada Bone, wajib mengumpulkan dukungan KTP minimal 44.084 atau 7,5 persen dari total wajib pilih di Kabupaten Bone.

Selain itu, sebaran dukungan wajib 50 persen wilayah atau 14 kecamatan di Kabupaten Bone.

Hal itu mengacu pada total DPT (Daftar pemilih Tetap) Kabupaten Bone mencapai 587.777 jiwa pada Pemilu 2024 lalu.

Berebut Dukungan Partai

Bakal Calon Kepala Daerah yang akan bertarung di Pilkada Bone 2024 lebih cenderung memilih jalur partai dibandingkan independen atau perseorangan, meski tak satupun partai bisa mengusung pasangan kandidat sendiri berdasarkan hasil perolehan kursi DPRD Bone pileg 2024.

Baca Juga  DPD PAN Bone Resmi Buka Pendaftaran Balon Bupati dan Wakil Bupati Bone

Bahkan beberapa bakal calon bupati Bone yang siap maju pilkada sudah serius mendaftar di partai untuk meminta dukungan untuk diusung.

Sejumlah partai politik pun secara resmi mulai membuka pendaftaran untuk bakal calon bupati dan wakil bupati Bone  baik kader internal maupun eksternal yakni Partai PKS, PPP, PKB, NasDem, Demokrat, PAN, Perindo

Partai DPD Golkar Bone sendiri menyatakan tidak membuka pendaftaran lantas akan mengusung kadernya sendiri yakni Andi Rio Idris Padjalangi.

Partai Gerindra, Hanura dan PDIP sampai hari ini belum mengumumkan kapan dibukanya pendaftaran calon di partainya.

Bakal calon Bupati Bone yang sudah mendaftar di partai yakni Andi Akmal Pasluddin, Andi Rio Idris Padjalangi, Samahuddin, Yasir Mahmud, Andi Heriyanto Bausat dan Andi Wahyudi Taqwa.

Sedangkan Pj Bupati Bone Andi Islamuddin dan Andi Asman Sulaiman yang juga digadang-gadang maju Pilkada, sementara berebut rekomendasi Partai Gerindra.

Diketahui partai Gerindra di Pileg 2024 berhasil menjadi pemenang dan meraih 8 kursi DPRD Bone. (*)

Pos terkait