Ini Figur Balon Bupati yang Punya Kans Menang jika Maju Pilkada Bone

KABARBONE.COM, BONE – Pilkada Bone yang rencananya akan diselenggarakan pada November 2024 mulai ramai jadi perbincangan.

Banyak figur yang mulai bermunculan, mulai dari kalangan birokrasi, politisi, Kepala Desa hingga kalangan pengusaha.

Bacaan Lainnya

Dari sejumlah nama dan profesi yang bermunculan, sektor pertanian dan pendidikan serta pemerintahan desa akan menjadi figur yang sangat menentukan.

“Mayoritas masyarakat kita berprofesi sebagai petani, jadi sangat penting memahami keinginan dan kebutuhan petani,” kata Pengamat Politik yang juga CEO Info Viral Bone, Asrul Abady.

Kata Asrul , figur potensial yang bisa maju dari sektor pertanian yakni ada nama Andi Asman Sulaiman yang saat ini masih menjabat sebagai Kadis Tanaman Pangan, Perkebunan dan Hortikultura Kabupaten Bone yang juga adik kandung dari Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman.

“Juga ada nama Andi Akmal Pasluddin yang kini masih menjabat Anggota Komisi IV DPR RI yang membidangi pertanian, kelautan dan kehutanan. Nama di atas juga pasti dilirik ke depan oleh masing-masing partai,” ungkap Asrul.

Selain sektor Pertanian, figur dari sektor Pendidikan juga sangat dilirik, peningkatan mutu dan kualitas pendidikan juga mempengaruhi tingkat kesejahteraan.

Kata asrul figur pendidik yang layak maju Pilkada 2024 yakni Andi Syamsiar Halid (Mantan Kadis Pendidikan Kabupaten Bone) yang juga saudara kandung Politis Golkar HM Nurdin Halid dan Andi Fajaruddin yang kini menjabat Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bone.

“Semakin baik kualitas pendidikan, akan mempengaruhi tingkat kreativitas seseorang. Ke depan tentunya akan mampu bersaing dan membuka peluang di berbagai sektor, usaha, pertanian dan tekhnologi,”

Baca Juga  Evaluasi Kepatuhan Kode Etik Penyelanggara Pemilu, Bawaslu Bone Undang Ketua DKPP RI Sebagai Keynote Speaker

Untuk pemerintahan desa kata Asrul, figur ini juga sangat menunjang, mengingat sampai saat ini belum ada figur Kepala Desa yang siap berkompetisi pada level pilkada.

” Sebut saja Sry Rahayu Usmi Ketua APDESI Sulsel dan Andi Mappakaya Amier yang juga Ketua DPC APDESI Kabupaten Bone. Dimana kepala desa bisa memahami apa yang dibutuhkan warganya, tingkat pembangunan, peningkatan kesejahteraan tentunya mereka miliki. ketika masuk dalam ranah pilkada, solidaritas kepala desa juga akan jadi kekuatan besar,” kuncinya.

Dikalangan pengusaha ada nama H.Dirman Arsyad adik kandung Sultan Kalimantan Selatan H Syamsuddin Arsyad (H Isam).

Selain nama di atas, dari kalangan birokrasi jada nama figur Pj Bupati Bone Andi Islamuddin, Andi Ikhwan Burhanuddin Staf Ahli Bupati Bone.

Dari kalangan politisi, ada nama politisi Golkar Andi Rio Idris Padjalangi, Irwandi Burhan dan Politisi PDIP Andi Akhiruddin. (***)

Pos terkait