Bone Akhirnya Kembali Raih Penghargaan Piala Adipura Tahun 2024 Kategori Kota Sedang

Pj Bupati Bone Andi Islamuddin menghadiri langsung penerimaan Piala Adipura 2024 untuk Kategori Kota Sedang oleh Kementerian Lingkungan Hidup, di Jakarta, Selasa (5/3)

KABARBONE.COM, BONE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone, Sulawesi Selatan meraih penghargaan Adipura tahun 2023 pada tahun 2024. Bone kembali meraih Adipura setelah 16 tahun Penantian.

Pj.Bupati Bone Drs.H.A.Islamuddin,M.H Menerima Langsung Piala Adipura bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bone Dray Vibrianto dan Kabag Prokopim A.Rizky Pratama di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Auditorium DR.Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti Blok I Lt. 1. Jl. Gatot Subroto Senayan Jakarta, Selasa (5/3/2024).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bone Dray Vibrianto menjelaskan raihan ini adalah buah kerja keras dan kerja sama semua stake holder sehingga Bone di tahun 2024 bisa meraih kembali penghargaan Adipura kategori Kota Sedang setelah penantian puluhan tahun.

“Ini kami dedikasikan untuk masyarakat Bone, adipura ini bukan untuk pemerintah namun untuk masyarakat. Mudah-mudahan mindset masyarakat bisa semakin tinggi dalam menjaga kebersihan,” ungkap Mantan Kepala BPBD Kabupaten Bone ini.

Keberhasilan ini lanjut  Dray mengatakan ada beberapa indikator yang menjadi penilaian dalam penghargaan Adipura ini, salah satunya terkait pengelolaan tempat pembuangan akhir (TPA).

“Kita dinilai prosesnya seperti, daur ulang sampah, pemanfaatan gas metan, pemanfaatan TPA, pelayanan kesehatan di TPA. Untuk standar dapat adipura poin 73, kita dapat 74,85,” jelasnya.

Dia menegaskan penghargaan ini berkat kerja sama seluruh stakeholder di Kabupaten Bone. Ia menekankan penghargaan Adipura ini sebagai motivasi agar DLH Bone untuk tetap konsisten menjaga lingkungan. (*)