Andi Akmal Pasluddin Berjanji Perjuangkan Perlindungan Sosial Bagi Nelayan

KABARBONE.COM, BAREBBO – Anggota DPR RI, Andi Akmal Pasluddin (AAP) menggandeng Kementerian Kelautan dan Perikanan melakukan kunjungan kerja di Desa Kading Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone, Kamis, (23/11/2023).

Kegiatan bertujuan dalam rangka upaya meningkatkan perlindungan dan pemberdayaan bagi pelaku utama sektor perikanan khususnya nelayan

Bacaan Lainnya

Kunjungan kerjanya ini merupakan bagian dari program Bakti Nelayan yang bertujuan meningkatkan taraf hidup para nelayan di wilayah tersebut.

Andi Akmal turut didampingi Staf Ahli DPR RI Andi Haeril Adfa yang juga Caleg PKS Provinsi Sulsel Dapil 7 Bone.

Andi Haeril Adfa yang juga staf Ahli DPR RI tururut mendampingi AAP dalam kegiatan kungker di Bone. Aher sapaan akrabnya diketahui maju Caleg DPRD Provinsi Sulsel Dapil 7 Bone
Andi Haeril Adfa yang juga staf Ahli DPR RI tururut mendampingi AAP dalam kegiatan kungker di Bone. Aher sapaan akrabnya diketahui maju Caleg DPRD Provinsi Sulsel Dapil 7 Bone.

Anggota Komisi IV DPR RI ini mengatakan bahwasanya kunci solusi untuk perlindungan dan pemberdayaan nelayan adalah peningkatan taraf hidup.

Menurut Andi Akmal Pasluddin, negara harus menyediakan sarana dan prasarana yang memadai bagi para nelayan.

Dia pun mengapresiasi upaya pemerintah yang sudah dilakukan namun juga mencatat beberapa permasalahan, seperti sulitnya akses solar untuk bahan bakar mesin (BBM) yang sering diselundupkan.

Legislator Fraksi PKS ini menegaskan pentingnya mengatasi permasalahan subsidi yang tidak tepat sasaran.

“Inilah yang merusak negeri kita karena subsidi dinikmati bukan oleh yang berhak,” tegasnya.

Sebagai seorang anggota DPR RI, ia berkomitmen untuk menyerap aspirasi masyarakat dan terus memperjuangkan pemenuhan kebutuhan nelayan.

Dalam kunjungan tersebut, Andi Akmal Pasluddin mengungkapkan bahwa dirinya telah menyerap berbagai aspirasi masyarakat, termasuk permintaan akan mesin ketinting dan alat tangkap ikan. Ia juga telah menyalurkan bantuan alat tangkap ikan sebagai bentuk konkrit dari perhatian terhadap kebutuhan nelayan.

Baca Juga  AAP Minta Bumdes Dilibatkan dalam Penyaluran Pupuk Bersubsidi

Yang menarik, ia berjanji akan memperjuangkan asuransi bagi nelayan dengan target 5 ribu nelayan pada tahun depan. Preminya akan dibayar oleh pusat, dengan harapan bisa mencapai 10 ribu nelayan.

“Hari ini, di Desa Kading Kecamatan Barebbo, ia menyatakan kesiapannya untuk menyediakan 500 asuransi nelayan dengan preminya sebesar Rp10 juta yang akan ditanggungnya sendiri,” katanya.

Lebih lanjut Andi Akmal Pasluddin menjelaskan perhatiannya terhadap perlindungan sosial bagi nelayan karena AAP adalah sahabat nelayan.

“Saya ingin masyarakat nelayan memiliki perlindungan sosial dalam menjalankan profesinya sebagai nelayan,” lanjutnya.

Ia menekankan bahwa Kabupaten Bone, yang memiliki modal utama di sektor perikanan dan pertanian, membutuhkan perhatian khusus.

Dalam tugasnya sebagai anggota DPR, Andi Akmal Pasluddin juga telah membantu perbaikan 100 rumah masyarakat nelayan di daerah pesisir.

Ia menegaskan komitmennya untuk terus membantu saudara-saudara di Bone, mengingat keterikatannya sebagai warga setempat.

Kunjungan kerja ini tidak hanya menjadi ajang pertemuan antara anggota DPR dan masyarakat nelayan, tetapi juga sebagai langkah nyata untuk meningkatkan kesejahteraan dan perlindungan sosial bagi mereka yang menggantungkan hidup pada sektor perikanan dan pertanian di Kabupaten Bone. (*)

Pos terkait