World Rabies Days 2023, Andi Musafir Serukan Kolaborasi “Lawan” Rabies

KABARBONE.COM, BONE – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Bone menggelar peringatan World Rabies Days 2023 (Hari Rabies Sedunia) dengan menggelar pemeriksaan hewan dan vaksinasi gratis yang dipusatkan di Podium Lapangan Merdeka, Watampone, Sabtu (7/10/2023).

Hari Rabies Sedunia adalah sebuah kampanye global yang diselenggarakan pada tanggal 28 September setiap tahun.

Bacaan Lainnya

Peringatan Hari Rabies Sedunia dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pencegahan dan pengendalian penyakit rabies. Hari Rabies Sedunia mulai diselenggarakan pada tahun 2007

Dalam kegiatan ini, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Bone menggandeng Australia Indonesia Healt Security Partnership (AIHSP) yakni salah satu organisasi nirlaba dunia yang bergerak di bidang ketahanan kesehatan.

Juga turut terlibat sejumlah komunitas pecinta hewan di Bone.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Bone, Andi Musafir menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan untuk mengkampanyekan kepada masyarakat pentingnya melakukan pencegahan penyakit rabies pada hewan peliharaan yang jumlahnya cukup tinggi di Bone utamanya di daerah pelosok pedesaan.

Kata dia, hal ini penting disosialisasikan untuk bersama-sama untuk memutus mata rantai penyakit rabies di Bone.

“Angka sebaran penyakit rabies karena gigitan anjing ini cukup tinggi termasuk angka kematian di Kabupaten Bone yang tersebar di daerah terpencil. Olehnya, perlu kita sosialisasikan kepada masyarakat, untuk bersama-sama untuk menekan angka sebaran penyakit rabies pada hewan dengan rutin melakukan pemeriksaan hewan dan melakukan vaksinasi pada hewan peliharaan,” ajaknya.

Sedangkan Koordinator AIHSP Provinsi Sulsel, Agung Wahyuda menjelaskan bahwa AIHSP hadir sebagai kemitraan pemerintah Australia dengan Indonesia dalam ketahanan kesehatan yakni terkait dengan kesehatan hewan, kesehatan manusia dan kesehatan lingkungan.

Baca Juga  Jembrana Mewabah, Kadisnak Bone Bentuk Timsus Sisir Ternak Sapi Bali Jelang Idul Adha
Antusias. Warga Bone antusian m
Antusias. Pecinta hewan di Bone nampak antri memeriksakan hewan peliharaan mereka di kegiatan World Rabies Day 2023 di Lapmer, Bone, Sabtu (7/10)

Kemitraan ini kata dia sudah berlangsung dengan Pemkab Bone, Pemrov Sulsel bahkan secara nasional.

“Terkait dengan peringatan WRD (World Rabies Day) secara nasional kita mendukung pelaksanaan termasuk di Bone salah satunya kami menssuport namanya program Komunikasi Informasi dan Komunikasi (KIE) ke sekolah-sekolah dan tahun ini ada 6 sekolah SD di Bone. Bahkan pada waktu covid-19, AISHP juga turut menyalurkan sebanyak 3 juta dosis vaksin secara nasional” ungkapnya.

‘Harapan kami program ke depan tentu kita akan lakukan keberlanjutan program kemitraan dengan Pemkab Bone untuk mencapai namanya ketahanan kesehatan,” jelasnya.

Aulia, salah satu warga yang turut mengikuti peringatan WRD 2023 mengatakan bahwa kegiatan sangat baik untuk mendapatkan informasi terkait kesehatan hewan.

“Ini kegiatan sangat baik apalagi ada berbagai macam kegiatan. Selain kita bisa memeriksakan hewan kita secara gratis dan pemberian vaksin gratis juga ada juga ilmu yang kita dapatkan dan sekaligus mempererat silaturahim sesama pecinta binatang,” tukasnya. (dy)

Pos terkait