Muhammad Saleh dan Andi Islamuddin Bersaing Ketat Duduki Pj Bupati Bone

KABARBONE.COM, BONE – Bupati Bone Andi Fahsar Mahdin Padjalangi sisa menghitung hari lagi angkat koper dari gedung putih, Rujab Bupati Bone, Jl Petta Ponggawae, Bone.

Tepatnya Selasa, 26 September 2023 Andi Fahsar akan purna tugas setelah menahkodai Bone selama dua periode dan akan digantikan oleh Penjabat (Pj) Bupati Bone yang sementara berproses di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Bacaan Lainnya

Pj Bupati Bone akan menjabat mulai 26 September 2023, hingga dilantiknya pasangan Bupati dan Wakil Bupati Bone hasil Pilkada November 2024 tahun depan atau kurang lebih satu tahun.

Dari tiga nama yang diusulkan oleh DPRD Bone dua nama bersaing ketat yakni ada nama Kadis PMD Provinsi Sulsel Muhammad Saleh dan Andi Islamuddin yang juga Sekda Bone, sedangkan Andi Erham Terwo Pabokori sebagai kuda hitam.

Dari info yang didapatkan kabarbone.com, Andi Islamuddin merupakan kandidat yang diinginkan Andi Fahsar Mahdin Padjalangi untuk menggantikannya pasca lengser.

Sedangkan Muhammad Saleh yang diketahui militan Mantan Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, juga diketahui memiliki kans besar duduki kans sebagai Pj Bupati Bone.

Pasalnya saleh merupakan alumni IPDN dan diendorse oleh Andi Amran Sulaiman yang diketahui pernah menjabat sebagai Mentan RI di Kabinet Presiden Jokowi-JK Tahun 2014-2019 yang diketahui kini merapat di Prabowo Subianto yang juga Bacapres yang diusung Partai Gerindra.

Saleh dan Islamuddin diketahui bersaing ketat, karena keduanya memiliki misi khusus di tahun 2024.

Baca Juga  Tugas Berat Menanti Pj Bupati Bone, Andi Fahsar Wariskan Utang Rp 298 Miliar

Saleh yang diketahui orang dekat Andi Sudirman tentu memiliki misi untuk mengamankan kans suara Andi Sudirman Sulaiman di Bone.

Sedangkan Andi Islamuddin, diketahui juga punya misi politik yakni memuluskan jalan anaknya yakni Andi Tenri Abeng Salangketo yang maju Caleg Provinsi Sulsel Dapil 7 Bone lewat Partai Gerindra dan Andi Akhiruddin Caleg DPRD Bone Dapil 5 Bone yang maju lewat Partai PDIP untuk periode keduanya.

Selain itu Andi Islamuddin diketahui juga punya beban moral untuk memuluskan 5 keluarga Padjalangi yang diketahui maju Pileg 2024 termasuk Andi Fahsar yang maju Pileg DPR RI Sulsel 2 lewat partai Golkar.

Nama Sekda Bone juga menguat sebagai salah satu figur yang siap bertarung di Pilkada Bone 2024.

“Kami dapat info dari pak Bupati (Andi Fahsar,red), pak Saleh yang menguat sekarang,” kata salah seorang birokrat eselon 2 Pemkab Bone, Sabtu (16/9/2023).

Sedangkan Politisi PDIP Bachtiar Malla mengatakan jika Sekda Bone memiliki kans besar jadi Pj Bupati Bone karena merapat di PDIP.

“Info yang kami terima dari pusat, pak sekda saat ini menguat jadi Pj Bupati Bone. Sementara melakukan loby melalui PDIP. Dan ada utusan langsung dari pusat ketemu pak sekda baru-baru ini. Kemungkinan besar pak sekda,” ungkapnya, Ahad (17/9).

“Tiga nama yang disodorkan dari tim TPA Kemendagri ke Presiden Jokowi nama pak Sekda nomor urut 1 dari info yang kami dapatkan dari Jakarta,” tambah Bachtiar Malla.

Muhammad Saleh yang juga kandidat kuat calon Pj Bupati Bone yang coba dikonfirmasi hanya menjawab singkat.

“Masih menunggu keputusan Mendagri. Kita berdoa sja ndi, semua sudah ada takdirnya,” pesannya, Ahad (17/9/2023).(dy)

Pos terkait