Kado Kemerdekaan RI ke-78, Dua Desa di Palakka Bone Naik Status Menjadi Desa Mandiri

KABARBONE.COM, WATAMPONE – Momen Peringatan HUT Republik Indonesia ke-78, sebanyak 42 Desa di Kabupaten Bone mendapatkan piagam penghargaan dan penyematan pin desa mandiri oleh Bupati Bone Andi Fahsar Padjalangi atas keberhasilannya menaikkan status desanya dari desa tertinggal menjadi desa mandiri.

Penyerahan pin penghargaan ini berlangsung di Halaman Rumah Jabatan Bupati Bone, Jalan Petta Ponggawae, Watampone, Kamis malam (17/8/2023).

Bacaan Lainnya

Kegiatan dihadiri Bupati Bone Andi Fahsar Padjalangi, Wakil Bupati Bone Ambo Dalle, Kadis PMD Bone Andi Gunadil Ukra, Forkopimda Bone, para kepala desa dan camat.

Dari 42 desa yang dinyatakan naik status menjadi desa mandiri, dua desa diantaranya dari Kecamatan Palakka, yakni Desa Panyili dan Desa Mattanete Bua.

Kedua desa ini sudah menyandang desa maju pada tahun 2022 dan beralih status menjadi desa mandiri pada tahun 2023 berdasarkan data Indeks Desa Membangun (IDM).

Sebelumya desa lainnya di Palakka yang sudah menyandang desa mandiri yakni Desa Usa, Desa Passipo dan Desa Maduri sehingga total desa mandiri di kecamatan Palakka yakni 5 desa dari 15 desa.

Penerimaan piagam dan pin desa mandiri dihadiri langsung Kepala Desa Panyili, Parida dan Desa Mattanete Bua diwakili oleh Sekdes Mattanete Bua, Hasbullah.

Selain itu, Korcam Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Kecamatan Palakka Arsyad Kursing turut diganjar piagam penghargaan dari Bupati Bone.

Kepala Desa Panyili, Paridah mengucapkan terima kasih atas penghargaan dan pin desa mandiri yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Bone.

Baca Juga  Sewindu UU Desa, Gus Halim: Jumlah Desa Mandiri Meningkat

“Alhamdulillah, Kami atas nama Pemerintah Desa Panyili mengucapkan terima kasih kepada Pak Bupati atas apresiasi yang diberikan. Penghargaan ini tentu adalah buah kerjasama yang baik antara pemerintah desa, BPD dan pendamping desa, semua stakeholder serta masyarakat untuk bersama-sama berakselerasi untuk memandirikan desa kami. Ini adalah kado terindah di HUT RI ke-78 ini untuk desa kami,” ungkapnya, Jumat (18/8/2023).

Dalam kesempatan itu, Bupati Bone juga menyematkan penghargaan kepada Kadis PMD Bone Andi Gunadil Ukra atas keberhasilannya mencetak desa mandiri sehingga Bone menyandang status kabupaten maju.

Turut Camat Bengo Andi Resky Pratama dan Camat Barebbo Hj. Faidah mendapatkan apresiasi dari Bupati Bone dan diberikan piagam penghargaan sebagai kecamatan yang paling banyak desa mandirinya dari 24 kecamatan lainnya. (dy)

Pos terkait