Ambo Dalle Dukung Anak Milenial Terjun di Usaha Pertanian

KABARBONE.COM, WATAMPONE – Wakil Bupati Bone Drs. H. Ambo Dalle, MM. membuka Forum Pemangku Kepentingan Tingkat Kabupaten (District Multi Stake Holder Forum) dilaksanakan Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Service (YESS) Polbangtan Gowa – Bappeda Kabupaten Bone.

Acara tersebut dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Watampone, Selasa (16/5/2023)

Bacaan Lainnya

Turut hadir Direktur Polbangtan Gowa Dr. Detia Tri Yunandar, SP., M. Si, Kepala Bappeda Bone Dr H. Ade Fariq Ashar, S. STP., M. Si.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Bone H. Ambo Dalle mendorong masyarakat, utamanya anak muda atau millenial terjun langsung ke sektor pertanian.

“Program yang paling menjanjikan ke depan adalah pertanian, karena kebutuhan dunia ke depan adalah pertanian, tinggal bagaimana kita memotivasi kaum milenial untuk terjun di dunia pertanian,” ungkap Ambo Dalle.

“Kami berharap bahwa kegiatan ini mampu menciptakan solusi untuk peningkatan sektor sumber daya pertanian yang lebih handal tangguh dan mumpuni,” tambahnya.

Ia mengatakan mewakili pemerintah daerah Bone berterima kasih yang setinggi tingginya atas dukungan dan bantuan dari Polbangtan Gowa atas terselenggaranya program Yess.

“Kami yakin agar program yess ini bisa bermanfaat kepada pemda Bone dan bermanfaat kepada masyarakat tentunya,” kata Ambo Dalle.

Kepala Bapedda Bone Dr. H. Ade Farid Ashar, S. STP., M. Si. mengatakan, maksud dan tujuan acara ini digelar agar seluruh rencana kerja OPD terkait betul-betul sinkron dengan upaya menekan pengangguran serta capaian membuka lapangan kerja yang baru.

Baca Juga  Soal Kasus Stunting di Bone, Ini Penekanan Wabup Bone

“Peserta yang hadir dari Pemerintah Daerah Bone yakni, Camat, OPD terkait, perbankan, juga dari dunia usaha Kadin, HIPMI, Perumda Bone, fasilitator muda dan petani milenial dengan menggunakan DIPA Polbangtan Gowa”.

“Ada dua young ambasador penerima dana hibah hadir ditengah kita yakni Sulfa dengan jahe coklatnya dan A. Aswan pengusaha tanaman hias yang telah berhasil membuka lapangan kerja di Bone”.

“Banyak NGO yang masuk di Bone karena kami di Bone mempunyai komitment yang kuat untuk mensukseskan program dari pihak ketiga termaksud program yess didalamnya” Jelas Ade Fariq Ashar.

Diketahui, Youth Entrepreneur and Employment Support Services (YESS) adalah program kerjasama antara Kementerian Pertanian (Kementan) dengan International Fund For Agricultural Development (IFAD).

YESS Programme dirancang untuk menghasilkan wirausahawan muda pedesaan serta menghasilkan tenaga kerja yang kompeten di bidang pertanian. (*)

Pos terkait