Tampil Memukau, Ini Sosok Pemenang Ana Dara dan Kallolo Bone Tahun 2023

KABARBONE.COM, WATAMPONE – Pemilihan Ana Dara dan Kallolo Bone (AKB) Bone Tahun 2023 tuntas digelar.

Pemilihan AKB Tahun 2023 ini merupakan rangkaian kegiatan menyambut Hari Jadi Bone (HJB) ke -693 yang mulai digelar sejak tahun 2003.

Bacaan Lainnya

Malam Grand Final Pemilihan AKB Tahun 2023 berlangsung di Aula Gedung Pemuda, Ahad (19/3/2023) malam.

12 finalis ana dara dan kallolo perwakilan kecamatan yang lolos grand final tampil dengan balutan khas bugis yakni pakaian baju bodo untuk finalis ana dara dan jas tutup lengkap dengan songko to bone untuk finalis kallolo.

Satu persatu peserta finalis AKB 2023 menampilkan orasi potensi budaya, sejarah, dan nilai kearifan lokal yang ada di Bone, dan menjawab sejumlah pertanyaan dari dewan juri.

Nampak, suasana Gedung Pemuda hidup dengan sorak para pendukung masing-masing perwakilan kecamatan setiap kali para finalis tampil.

Hingga diakhir acara dewan juri menetapkan, finalis atas nama Hasmiati Ana Dara perwakilan Kecamatan Cina (19 tahun) dan Muhammad Moch. Fakhry Arif (17 tahun) finalis Kallolo perwakilan Kecamatan Tellu Limpoe menjadi pemenang AKB Tahun 2023

Kedua finalis AKB 2023 tampil memukau dewan juri, dengan kemampuannya memberikan jawaban setiap kali diberikan pertanyaan oleh para dewan juri.

Hasmiati Finalis Perwakilan dari Kecamatan Cina keluar sebagi juara AKB 2023 setelah tampil memukau di depan dewan juri di malam Grand Final Pemilihan AKB 2023 di Aula Gedung Pemuda, Senin (19/3)

Keluar sebagai pemenang AKB Tahun 2023, Hasmiati dan Mohc. Fakhry yang ditemui ditemui di Rujab Bupati Bone Senin (20/3/2023), mengatakan bangga atas keberhasilannya itu sebagai pemenang AKB 2023.

“Setelah mengikuti rangkaian seleksi, Alhamdulillah kita yang terpilih sebagai pemenang. Ini adalah amanah yang kita harus emban selama 1 tahun,” ungkapnya.

Baca Juga  Pra Mattompang Prosesi Ritual Pembersihan Benda Pusaka Peninggalan Raja-Raja Bone

“Pemilihan AKB bukan hanya dinilai dari kecantikan dan ketampanan, lebih dari itu yang menjadi penilaian utama adalah brain (kecerdasan), akan pemahaman sejarah, budaya dan nilai kearifan lokal yang ada di Bone,” lanjut Hasmiati yang kini tercatat sebagai Mahasiswa IAIN Bone Semester 4 Jurusan Hukum Tata Negara.

Pemenang Kallolo Bone Moch. Fakhry Arif juga mengatakan demikian.

Kata dia, kekayaan sejarah dan budaya di Bone melimpah, dan kata dia ini adalah tanggung jawab untuk mensosialisasikan ke depan di dalam dan diluar Kabupaten Bone.

“Alhamdulillah, ini berkat dukungan kita semua terutama dukungan dari orang tua, pihak sekolah, dan pemerintah kecamatan yang senantiasa memberikan support. Semoga kita dapat menjalankan amanah dengan baik,” kata Santri Pesantren Daarul Qur’an Pajalele, Desa Mattoanging ini yang jug diketahui seorang Hafiz Quran.

Sedangkan Andi Muhammad Maulidan (17 tahun) perwakilan dari Kecamatan Tellu Siattinge keluar sebagai Kallolo Berbakat Bone di Pemilihan AKB Tahun 2023. (dy)

Pos terkait