Ziarah ke Makam Raja Arung Palakka, Bupati Bone: Kita dan Gowa Satu Persaudaraan yang Tak Bisa Dipisahkan

KABARBONE.COM, GOWA – Pemerintah Daerah Kabupaten Bone Menggelar Ziarah Makam Raja Bone Ke-15 Arung Palakka Petta Malampe’e Gemme’ na, To’ Appatunru Paduka Sri Sultan Sa’ad ud-din Matinroe Ri Bontoala Jl. Bonto Biraeng, Katangka, Kec. Somba Opu, Kabupaten Gowa, Rabu (15/3 2023).

Rombongan yang dipimpin Bupati Bone DR. H. A. Fahsar M. Padjalangi, M. Si. Didampingi Ibu Ketua TP PKK Bone Hj. A. Kurniaty A. Fahsar, SH., SPN.

Bacaan Lainnya

Hadir pula Danrem 141/Toddopuli, Ketua DPRD Bone, Kapolres Bone, Dandim 1407 Bone, Ketua Pengadilan Negeri Bone, Danyon C Pelopor Bone serta para Kepala OPD Bone.

Bupati Bone Andi Fahsar saat memberikan sambutan mengatakan, ziarah makam Raja-Raja Bone merupakan rangkaian Hari Jadi Bone yang tiap tahun rutin kita laksanakan.

Andi Fahsar dalam kesempatan itu juga menceritakan napak tilas perjalanan Raja Arung Palakka di masa lalu sebagai Raja Bugis dan sebagai Raja Bone ke XV sekaligus sebagai pemimpin kerajaan di Sulawesi Selatan.

Dia menyebut Raja Arung Palakka Latenri Tatta adalah sosok Raja yang mengedepankan persaudaraan dan memiliki keinginan untuk menghilangkan perbudakan di Sulawesi Selatan.

“Dan Alhamdulillah, dan dapat ia buktikan. Sejak beliau dinobatkan sebagai Raja Bugis dan Raja Bone, dalam memimpin pemerintahannya Arung Palakka lebih banyak menghabiskan waktunya di Makassar, Bontoala. Sehingga pemerintahan masa itu di Sulawesi Selatan banyak dikendalikan oleh Raja-Raja Bone,” kata Fahsar.

“Bahkan hingga akhir hayatnya, beliau berpesan agar tetap di kebumikan di Bontoala. Ini adalah simbol dan pesan kepada anak cucunya, bahwa Bone dan Gowa adalah satu persaudaraan yang tak pisah dipisahkan,” tegasnya.

Baca Juga  Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan Bertandang di Bone Temui Bupati Fahsar, Ini Agendanya !

“Pada momentum yang berbahagia ini merupakan ziarah makam raja Bone di periode kami yang terakhir. Kami berharap jalinan sinergitas antara Bone dan Gowa bisa terus di pererat,” ungkapnya.

Dia melanjutkan, rangkaian HJB dimulai dengan ziarah makam raja-raja Bone.

“Kemarin, kita sempat ziarahi Makam Raja Bone ke-31 La Pawawoi Karaeng Sigeri di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan dengan dihadiri beberapa sesepuh yang ada di jakarta,” jelasnya.

“Dalam kesempatan ini, Kami haturkan terima kasih yang sebesar-sebesarnya kepada Pemerintah Kabupaten Gowa atas sambutan dan segala fasilitasnya,” ungkap Bupati Bone.

Sementara itu, Wakil Bupati Gowa H. Abdul Rauf Malaganni mengucapkan selamat datang di wilayah Kabupaten Gowa. Kata Dia, Bone dan Gowa satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan oleh siapa pun.

“Kami disini bukan menyambut Bone sebagai tamu. tetapi sebagai keluarga.
seperti yang kita ketahui, penelusuran kerajaan Bone dan Gowa adalah kerajaan terbesar di Sulawesi Selatan,” katanya

“Maka dari itu, melalui momentum ziarah makam ini, atas nama pemerintah Kabupaten Gowa beserta jajaran dan masyarakat mengajak pemerintah daerah Bone untuk semakin mempererat tali persatuan dan silaturahim,” pungkasnya.

Selain makam Raja Bone Arung Palakka, rombongan juga menziarahi makam Sultan Hasanuddin di Gowa, makam raja Bone A. Mappanyukki di TMP Panaikang, lalu rombongan mengakhiri lawatannya di makam raja Bone ke-22 La temmasonge. (dy)

Pos terkait