Andi Akmal Perihatin Dampak Kerusakan Lingkungan Akibat Tambang, di Bone Dia Bilang Begini !

KABARBONE.COM, WATAMPONE – Kerusakan lingkungan di sejumlah wilayah Indonesia sudah cukup parah. Hal ini disebabkan oleh massifnya eksploitasi alam yang berlebihan oleh pihak-pihak investor tanpa pemulihan kembali kondisi lingkungan dengan reboisasi.

Daerah tambang seperti di Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah dan Kalimantan misalnya kondisinya sangat memperihatinkan.

Bacaan Lainnya

Hal ini disampaikan Anggota Komisi IV DPR RI Andi Akmal Pasluddin (AAP) saat membuka kegiatan Sosialisasi Pembangunan Ifrastruktur Hijau, di salah satu hotel di Bone, Selasa (6/12/2022).

Hadir Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bone Dray Vibrianto, perwakilan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan peserta.

“Dari hasil kunjungan kami di beberapa wilayah seperti Sultra, Sulteng dan Kalimantan, kondisi alamnya memang sudah rusak parah akibat ekploitasi oleh penambang. Lubang-lubang besar kita lihat, tanpa perbaikan. Tentu yang menikmati adalah investor, sedangkan dampak lingkungan ya adalah masyarakat setempat,” ungkap AAP.

Olehnya kata Akmal perlu diantisipasi, khususnya di Bone, yang kegiatan penambangan dan limbah domestik yang dapat merusak lingkungan.

Kata Akmal salah satu untuk melakukan perbaikan lingkungan yang dengan melakukan pembangunan infrastruktur berbasis hijau.

Infrastruktur hijau pada hakekatnya merupakan sebuah konsep, upaya, atau pendekatan untuk menjaga lingkungan yang berkelanjutan melalui penataan ruang terbuka hijau dan menjaga proses-proses alami yang terjadi di alam seperti siklus air hujan dan kondisi tanah.

“Pembangunan infrastruktur hijau harus menjadi konsen semua pihak dalam rangka menjaga kualitas lingkungan hidup daerah. Olehnya tahun ini, kami bekerjasama dengan KLH kami berikan paket program instalasi pengolahan limbah domestik di Bone di tiga titik dan program biodigester (pengolahan kotoran ternak,” pungkasnya.

Baca Juga  Andi Akmal Pasluddin Menyoroti Besarnya Pemotongan Program Pengelolaan Hutan Berkelanjutan untuk Vaksin

Sedangkan Perwakilan Bidang PPA Kementerian Lingkungan Hidup, Sanggul mengatakan bantuan pengolahan limba dari KLH adalah upaya untuk mengantisipasi pencemaran lingkungan khusunya di lingkungan rumah tangga.

Anggota Komisi IV DPR RI, Andi Akmal Pasluddin (kanan) didampingi Staf Ahli Andi Heril (kiri) menyerahkan motor tiga roda kepada warga saat kunjungan di Dapil Kabupaten Bone, Senin (5/12)

Dalam kunjugannya tersebut, AAP juga turut membagikan motor tiga roda kepada sejumlah kelompok masyarakat di Bone.

Kata Akmal, bantuan motor tiga roda itu bisa dimultifungsikan, termasuk mendukung kegiatan ekonomi masyarakat. (dy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan