Tenaga Ahli P3PD Kemendes Kabupaten Bone Diganjar Pin Desa Mandiri di Malam Anugerah Desa dan Kelurahan Pemkab Bone

KABARBONE.COM, BONE – Sukses mengangkat status desa menjadi desa mandiri, 6 Tenaga Ahli Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) Kementerian Desa Kabupaten Bone mendapat apresiasi dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Sulawesi Selatan.

Penyerahan Pin Desa Mandiri dan piagam penghargaan ini diserahkan langsung oleh Kepala Dinas PMD Provinsi Sulawesi Selatan Drs H. Muh. Saleh di Malam Anugerah Desa dan Kelurahan Pemerintah Kabupaten Bone Tahun 2022 yang dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bone di salah satu hotel diKota Watampone, Kamis malam (25/8/2022).

Bacaan Lainnya

Tenaga Ahli P3PD Kemendes Kabupaten Bone yang dimaksud yakni Koordinator Suardi Mandang, Andika Prasetyo, Abdi Halim, Nur Salim, Alim Sidik, Ramlah.

Kegiatan ini dihadiri langsung Bupati Bone H. Andi Fahsar M. Padjalangi, Wakil Bupati Bone H. Ambo Dalle, Sekda Bone H. A. Islamuddin, Kadis PMD Bone Andi Gunadil Ukra, Kapolres Bone AKBP Ardyansyah, Dandim 1407 Taurani Bone Letkol Inf. Muh. Rezky Hidayat, para pimpinan OPD, Camat, kepala desa dan lurah.

Kepala Dinas PMD Provinsi Sulsel H.Muh Saleh dalam sambutanya menuturkan, dari jumlah 2.255 desa di Sulawesi Selatan, pada tahun 2021 jumlah desa mandiri tercatat baru 112 desa, dan jumlah tersebut di tahun 2022 meningkat menjadi 235 desa. Kata Dia penyumbang terbesar desa mandiri di Sulawesi Selatan adalah Kabupaten Bone.

Dilanjutnya, jumlah desa maju sebanyak 483, desa berkembang 786 desa, dan desa sangat tertinggal di Sulsel ditahun 2022 tersisa 11 desa yang sebarannnya hanya ada di tiga Kabupaten di Sulsel yakni Kabupaten Pinrang,Toraja dan Toraja Utara.

Baca Juga  Hadiri Rakor Pendamping Desa, Kadis PMD Bone Andi Gunadil Ukra Serukan Desa Bisa

“Jumlah desa mandiri di Sulsel terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, termasuk penyumbang terbesar di Sulsel adalah Bone. dan jumlah desa sangat tertinggal sisa 11 desa di Sulsel,” jelas Muh. Saleh.

Dilanjutkannya saat ini, Pemrov Sulsel telah menyusun Perda Nomor 7 Tahun 2022 tentang program pembangunan dan pembiayaan desa yang akan diterapkan di tahun 2023, adalah salah satu bentuk perhatian pemrov sulsel untuk mempercepat pembangunan di desa

“Di perda ini ada 3 program yang akan di lakukan Pemrov Sulsel diantaranya memberikan pembiyaaan kepada desa,” jelasnya.

Mantan Pejabat Pemda Bone ini juga memberikan apresiasi kepada Bupati Bone Andi Fahsar atas konsistensi dalam membangun desa.

“Insya Allah dibawah pimpinan pak Bupati Andi Fahsar kita akan sama-sama membangun desa, memajukan desa di Bone dan mencetak desa mandiri,” ungkapnya.

Sementara itu Bupati Bone H Andi Fahsar mengatakan kegiatan yang digagas Dinas PMD Bone ini sangat spektakuler serta dapat menunjukkan kinerja Kepala Dinasnya, Kepala Desa maupun lurah.

Tak lupa Bupati Fahsar memberikan ucapan selamat kepada para camat, kepala desa dan lurah yang mendapatkan penghargaab di malam anugerah tersebut

“Kegiatan yang sangat spektakuler ini merupakan cara yang dapat menunjukkan kinerja kepala dinasnya (Kadis PMD Bone, red), kades dan lurah. Sekali lagi saya minta kepada Bapak Ibu yang hadir mari saling mengingatkan, saling mendorong untuk kemajuan daerah kita ini, dan saya yakin apabila kita bersandar pada kebaikan dan kebenaran maka usaha kita akan mendapat Ridho sang pencipta dan dinikmati masyarakat,” kunci Fahsar.

Ditempat yang sama, Koordinator Tenaga Ahli P3PD Kemendes Kabupaten Bone Suardi Mandang mengatakan penyematan Pin desa mandiri ini adalah buah dari kerja-kerja tim seluruh tenaga pendamping profesional (TPP) di Bone, mulai dari pendamping desa tingkat kabupaten, pendamping desa tingkat kecamatan dan pendamping lokal desa ditingkat desa.

Baca Juga  18 Desa di Bone Naik Status Menjadi Desa Mandiri, Bupati Bone Sematkan Penghargaan

“Penyematan pin desa mandiri ini akan menjadi penyemangat bagi kami seluruh pendamping desa di Bone untuk senantiasa memaksimalkan fungsi fasilitasi dan advokasi kepada Pemerintah Kabupaten Bone, kecamatan dan desa, untuk mendukung nawa cita Presiden Jokowi untuk membangun Indonesia dari pinggiran dan meningkatkan status desa sangat tertinggal menjadi desa mandiri,” ungkapnya.

“Tentu ini tugas berat, tapi dengan kolaborasi bersama, kita mampu mencetak tiap tahun desa di bone menjadi desa mandiri,” kata Ator sapaan akrab Suardi Mandang yang juga Ketua LSM Lakra Kabupaten Bone ini.

Dimalam anugerah desa dan kelurahan ini, sejumlah kades dan lurah di Bone mendapatkan piagam penghargaan atas peningkatan status desanya, lurah berprestasi, dan sejumlah pimpinan OPD.

Termasuk Camat Bengo didaulat menjadi camat terbaik, atas prestasinya menjadikan 7 desa di wilayahnya menjadi desa mandiri, yang merupakan desa mandiri terbanyak di Kecamatan di Kabupaten Bone. (dy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *