Baksos IKA Unhas di Bone, Mantan Mentan RI Pimpin Pungut Sampah, Gubernur Sulsel Apresiasi

KABARBONE.COM, PONRE – Sejumlah masyarakat Kabupaten Bone memadati kegiatan bakti sosial (Baksos) kesehatan di Lapangan Bakunge, Desa Mappesangka, Kecamatan Ponre, Kabupaten Bone, Sabtu pagi (13/82022).

Baksos ini diselenggarakan kerjasama antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, IKA Unhas dan KKN Profesi Kesehatan Masyarakat Unhas.

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini dihadiri Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Mantan Menteri Pertanian RI 2014-2019 Andi Amran Sulaiman yang juga Ketua IKA Unhas, Bupati Bone Andi Fahsar Mahdin Padjalangi yang juga Ketua IKA Sospol Unhas, dan Ketua DPRD Bone Irwandi Burhan.

“Alhamdulillah, tim nakes provinsi dibantu tim nakes Kabupaten Bone, serta dari Unhas bersama-sama dalam memberikan pelayanan kesehatan secara gratis kepada masyarakat,” kata Gubernur Sulsel Andi Sudirman.

Sejumlah layanan pemeriksaan kesehatan, diantaranya pemeriksaan katarak, pemeriksaan celah bibir dan langit-langit, pemeriksaan kesehatan umum, pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut, refreshing kader untuk pencegahan stunting, sunat massal, pemeriksaan ibu hamil, deteksi dini kejiwaan, pemeriksaan postur, donor darah, bilik asi, pojok PAUD.

Selain itu juga dirangkaikan sejumlah lomba, diantaranya balita sehat, senam germas, isi piringku makanan sehat, adzan, dan hafalan Al-Qur’an.

Dalam bakti sosial ini, juga dirangkaikan jalan sehat Gerakan Sulsel Anti Mager (Malas Gerak).

Peserta jalan yang dipimpin langsung oleh ketua umum IKA Unhas, Andi Amran Sulaiman didampingi Bupati Bone Andi Fahsar Mahdin Padjalangi dan Ketua DPRD Bone Irwandi Burhan, dan masyarakat sambil memungut sampah.

Alhasil, kegiatan pungut sampah ini mengumpulkan sampah seberat 125 kg, yang terdiri dari sampah anorganik dan sampah organik.

Baca Juga  Genjot Objek Wisata Ollong Toraja, Gubernur Sulsel Lagi Suntik Bantuan Keuangan Rp27 M

Selanjutnya khusus sampah anorganik berupa plastic dan kertas akan disumbangkan kepada pengumpul sampah yang ada di kecamatan Ponre.

Gubernur Andi Sudirman Sulaiman mengaku, kegiatan pungut sampah ini harus dibarengi dengan edukasi, karena sampai memiliki potensi pasar untuk didaur ulang menjadi produk bermanfaat.

“Kita harap masyarakat sadar untuk pola hidup bersih dan sehat. Olehnya itu, perlu edukasi ke masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Saharuddin Ridwan selaku ketua divisi pengolahan sampah dan limbah IKA Unhas mengaku akan menindaklanjuti kegiatan ini dengan membentuk bank sampah unit desa di Desa Mappesangka.

Di depan Andi Sudirman, pendiri asosiasi bank sampah Indonesia ini bahkan menyatakan keinginannya untuk membentuk bank sampah induk provinsi sebagai mata rantai pemasaran sampah di Sulawesi Selatan dalam memfasilitasi semua bank sampah yang ada di Sulsel.

Korprov STBM Dinkes SulSel, Sarmada menyampaikan, bahwa pelaksanaan kegiatan lomba pungut sampah ini atas kerjasama Dinkes Sulsel melalui Seksi Kesehatan Lingkungan, IKA Unhas, Dinkes Bone, Puskesmas Bakunge, Puskesmas Ponre, Puskesmas Libureng.

“Dengan tujuan agar semua semua kegiatan di masyarakat, sampah jadi perhatian dan di desa/kelurahan di Sulsel akan terbentuk Bank Sampah. Dan ini salah satu Pilar STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) ,” jelasnya. (*)

Pos terkait