Puncak Peringatan HJB ke-692, DPRD Bone Gelar Rapat Paripurna

KABARBONE.COM, WATAMPONE – Bone tidak muda lagi. Bone yang awalnya adalah kerajaan Besar di Sulawesi Selatan sudah genap berusia 692 tahun tepat hari ini Rabu (6/4/2022), berdiri sejak 6 April 1330-6 April 2022.

Serangakaian kegiatan telah dilakukan  Pemerintah Kabupaten Bone menyambut hari lahir daerah yang berjuluk Bumi Arung Palakka ini.

Bacaan Lainnya

Mulai dari kegiatan Tenis Lapangan Se Sulsel, Fun Bike, Ziarah Makam Raja Bone di luar dan di dalam Kabupaten Bone, Pasar Murah, dan prosesi Mattompang Arajang yang dilaksanakan di Kompleks Rujab Bupati Bone, Senin (28/3/2022) lalu.

Puncak Peringatan Hari Jadi Bone (HJB) ke-692 tahun 2022 digelar Rapat paripurna DPRD Kabupaten Bone yang berlangsung di Ruang Rapat paripurna DPRD Bone, Jl Kompleks Stadion Lapatau, Kecamatan Tanete Riattang Barat, Rabu (6/4/2022).

Rapat paripurna DPRD dipimpin langsung Ketua DPRD Kabupaten Bone Irwandi Burhan, di dampingi Wakil Ketua DPRD Bone, Indra Jaya, H. Ramang dan Andi Wahyudi Taqwa.

Hadir pula Sekwan DPRD Bone Andi Alimuddin beserta Anggota DPRD Bone bersama isteri.

Ketua DPRD Bone Irwandi Burhan mengatakan dasar pelaksanaan peringatan Hari Jadi Bone (HJB) adalah Perda Kabupaten Bone Nomor 1 Tahun 1990 Tanggal 22 Maret 1990 Seri C Nomor 1.

“Pasal 1 Hari Jadi Bone ditetapkan tanggal 6 April dan pasal 2 ditegaskan bahwa setiap tahun diadakan peringatan Hari Jadi Bone dalam bentuk pelaksanaan peringatan yang diatur dengan keputusan Bupati,” kata Ketua DPRD Bone.

Baca Juga  Video Detik-Detik Ricuh Demo Tolak UU Cipta Kerja di DPRD Bone

Politisi Golkar itu mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang datang dalam Rapat Paripurna DPRD Bone puncak peringatan HJB ke-692.

“Selaku pimpinan dan segenap anggota DPRD Bone mengucapkan terima kasih kepada semua tamu undangan yang menghadiri rapat paripurna DPRD Bone dalam rangka peringatan puncak Hari Jadi Bone ke-692,” ucap Irwandi Burhan

Suasana Rapat Paripurna DPRD Bone memperingati Puncak Hari Jadi Bone ke-692 Rabu (6/4).

Sementara itu Bupati Bone Andi Fahsar M Padjalangi dalam kesempatannya, membeberkan sederet pencapaian di periode ke dua dirinya menjabat, yang menurut dia sukses berkat dukungan semua pihak, tanpa terkecuali Insan Pers, akademisi hingga praktisi, serta Masyarakat Bone secara luas.

Beberapa diantara pencapaian tersebut, ialah opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan secara berturut-turut sejak 2015 lalu.

Tidak hanya itu, capaian Inovasi Daerah tahun 2022 yang menempatkan Kabupaten Bone pada peringkat 34 Kabupaten Kota dari 524 se Indonesia juga tidak kalah membanggakan.

” Terkait program pemulihan ekonomi pasca Covid-19, tahun 2021 mencapai 5,53 persen, jauh meningkat dibanding tahun 2020, padahal kita sempat mines 0,25 persen, pertumbuhan ini dipicu pulihnya aktifitas ekonomi sektor produksi, utamanya pertanian, kehutanan dan perikanan, ” Kata Andi Fahsar.

Masih kata dia, ada pun capaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tahun 2020 sebesar 61,6 juga naik menjadi 66,40 di tahun 2021. Peningkatan tersebut tidak lepas dari intervensi secara keselurahan beberapa program pembangunan, baik Nasional maupun Daerah.

Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Bone dalam rangka peringatan Hari Jadi Bone Ke-692 tahun dihadiri sejumlah tokoh.

Hadir Sekda Provinsi Sulsel Abdul Hayat Gani, Bupati Bone A Fahsar M Padjalangi, Wakil Bupati Bone Ambo Dalle, Danrem 141 Toddoppuli Brigjen Djashar Djamil, dan Forkopimda Kabupaten Bone, Kepala OPD, Camat dan Kades dan Lurah se Kabupaten Bone.

Baca Juga  Naskah Akademik Ranperda Bone Tentang Kepemudaan Dituding Hasil Jiplakan

Hadir pula Anggota DPR RI A Rio Idris Padjalangi, Anggota DPRD Sulsel A Irwandi Natsir.

Ketua DPRD Maros A Patarai Amir, Ketua DPRD Soppeng H. Syahruddin M. Adam, Ketua DPRD Palopo Nurhaeni, Ketua DPRD Bulukumba H Rijal, Ketua DPRD Takalar Darwis Sijaya,Ketua DPRD Luwu Ketua DPRD Luwu, Rusli Sunali, Ketua DPRD Morowali Utara Ketua Megawati Ambo Asa,Wakil Ketua DPRD Jeneponto Irmawati Zainuddin. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan