Tidak Main-Main, Segini Besaran APBD Pemrov Sulsel Kucur di Bone, Termasuk Pembangunan Bandara Arung Palakka

KABARBONE.COM, WATAMPONE –Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan terus berkomitmen untuk mendukung pembangunan infrastruktur di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

Hingga saat ini tercatat lebih dari Rp 724 Miliar telah dialokasikan dari APBD Provinsi untuk pembangunan di Bumi Arung Palakka ini.

Bacaan Lainnya

Dari miliaran alokasi anggaran dari APBD Provinsi yang masuk ke Kabupaten Bone, Rp 237 miliar diantaranya alokasi anggaran dari APBD Provinsi Sulsel Tahun Anggaran 2022.

“Alhamdulillah, sudah Rp 724 miliar APBD kita yang masuk ke Kabupaten Bone. Ini sebagai bentuk dukungan kita Pemerintah Provinsi dalam membantu pembangunan infrastruktur dan juga perekonomian di Kabupaten Bone,” katanya pada acara 692 Tahun 2022, Senin (28/3/2022).

Dari total Rp 237 miliar APBD yang dianggarkan Pemprov Sulsel pada tahun ini, lanjut Andi Sudirman, dialokasikan untuk pembangunan sejumlah ruas jalan dan jembatan.

Diantaranya, rekonstruksi jalan ruas Ujung Lamuru-Palattae sepanjang 8 km dengan nilai Rp 45,2 miliar. Dan pembangunan jembatan Palattae dengan nilai Rp 5,3 Miliar.

“Untuk bendung Lalengrie, tahun ini kembali kita anggarkan untuk penanganan jaringan pada daerah irigasi lalangrie sebesar Rp 6 miliar. Ini nantinya akan mendukung optimalisasi pengaliran air dari bendung ke area persawahan,” jelasnya.

Tahun lalu telah dilakukan pembangunan Bendung Lalengrie dengan jumlah anggaran yang terserap sebanyak Rp 54,5 miliar. Yang kini Bendung Lalengrie ini telah dinikmati oleh masyarakat. Selain itu, beberapa daerah irigasi yang menjadi fokus penanganan tahun 2022. Diantaranya DI Waru-Waru, DI Unyi, dan DI Jaling.

Baca Juga  Hebat, PKK Desa Ajjalireng Jawara 1 Terbaik Terpavorit Lomba Lagu Mars PKK

Di tahun 2021 lalu, kata dia, Pemprov telah melakukan penuntasan jalan yang kondisinya rusak berat, yakni jalan ruas Waempubbu-Pompanua yang menjadi jalur alternatif Kabupaten Bone dan Kabupaten Wajo dengan nilai Rp 7,3 miliar dan kini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Selain itu, termasuk pembangunan rumah sakit Regional Bone yang akan dibangun tahun 2022 ini senilai Rp 110 Miliar.

Andi Sudirman juga menyingung pembangunan Bandara Arung Palakka. Kata Dia, dirinya telah berkomunikasi langsung dengan Menteri Perhubungan membahas dukungan penyelesaian Bandara Arung Palakka.

Bahkan dalam kesempatan itu, Andi Sudirman berjanji akan menggelontorkan anggaran melalui APBD Sulsel untuk dukungan pembangunan Bandara Arung Palakka tahun ini.

“Saya pernah kirim pesan ke Bupati Bone untuk dikirimkan sertifikat tanah jalan ke bandara, dan kami sudah sampaikan Menhub. Kita akan bantu tahun ini dukungan anggaran pembangunan Bandara Arung Palakka melalui APBD Provinsi Sulsel,”‘ ungkapnya.

“Dan juga kami pernah komunikasi dengan Gubernur Sultra yang juga memiliki darah Bugis Sinjai dan mendorong agar bandara itu bisa diselesaikan, bahkan beliau siap membantu,” ungkapnya.

“Nantinya kita akan buka rute Makassar, Bone dan Kendari. Tentu dengan beroperasinya Bandara ini ke depan bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi di Bone. Dan Ketua DPRD Sulsel meski bukan orang Bone, tentu akan mendukung, sebagai upaya pemulihan ekonomi nasional,” pungkasnya.(dy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *