Pejabat Teras Pemkab Bone Sambangi Makam Raja Bone di Bulukumba dan Bantaeng

KABARBONE.COM, WATAMPONE – Bupati HA Fahsar Mahdin Padjalangi dan Wakil Bupati Bone Ambo Dalle bersama rombongan melaksanakan ziarah ke Makam Raja Bone yang berada di luar Kabupaten Bone, Selasa (15/3/2022).

Ziarah ke Makam Raja Bone ini dilakukan dalam rangka menyambut Hari Jadi Bone (HJB) Ke-692.

Bacaan Lainnya

Hadir pula Sekda Bone H Andi Islamuddin, Kapolres Bone AKBP Ardyansyah, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan sejumlah pejabat jajaran Pemkab Bone.

Makam Raja Bone yang diziarahi yakni, Mangkau Bone Ke-lX Lapattawe Matinroe Ri Bettung Kabupaten Bulukumba dan Mangkau Bone XI La Tenri Ruwa Sultan Adam Matinroe Ri Bantaeng Kabupaten Bantaeng.

Sebelum ziarah ke makam Lapattawe, rombongan yang dipimpin Bupati Bone Fahsar Padjalangi, diterima dan dijamu oleh Wakil Bupati Bulukumba Andi Edy Manaf di rumah jabatan Bupati Bulukumba. Lalu kemudian Bupati Bone memasangkan songkok recca khas Bone kepada Wabup Andi Edy.

“Kunjungan yang kita laksanakan hari ini selain merupakan rangkaian hari jadi bone, juga untuk mempererat hubungan kekerabatan antara Bone- Bulukumba dan Bone-Bantaeng,” ungkap Fahsar dikutip dari laman Pemkab Bone bone.go.id.

Sementara itu Wakil Bupati Edy Manaf menyampaikan selamat datang kepada Bupati dan Wakil Bupati Bone dan rombongan.

“Sebuah kehormatan dan kebanggaan bagi kami masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Bulukumba, oleh karena Bupati Bone bersama rombongan dapat berkunjung di Kabupaten Bulukumba untuk ziarah ke makam leluhur Raja Bone di luar daerah Bone,” ungkapnya.

Jika merunut sejarah di masa lalu, maka Kabupaten Bulukumba dan Kabupaten Bone memiliki entitas dan budaya yang tidak bisa dipisahkan. Bulukumba adalah bagian dari Bone, begitu pula sebaliknya.

Baca Juga  Pejabat Teras Pemkab Bone "Ramai-Ramai" Ziarah Ke Makam La Pawawoi Karaeng Sigeri Raja Bone ke-31 di Kalibata Jakarta

Hal ini dibuktikan dengan adanya makam Raja Bone La Pattawe Daeng Soreang Arung Kaju di Kabupaten Bulukumba.

Dari Bulukumba, Bupati Bone bersama rombongan melanjutkan rangkaian ziarah makam Raja Bone ke-XI La Tenriruwa Sultan Adam di Kabupaten Bantaeng, Rombongan dijemput secara adat dan diterima langsung oleh Bupati Bantaeng DR. H. Ilhamsyah Asikin. M. Si

Sekedar diketahui La Pattawe Daeng Soreang Matinroe ri Bettung Bulukumba adalah raja Bone ke-IX yang memerintah pada tahun 1565-1602.

Sementara La Tenriruwa Sultan Adam Matinroe ri Bantaeng adalah raja Bone ke-XI yang memerintah tahun 1611-1616.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *