Di Bone, Kapolda Sulsel Irjen Pol Nana Sudjana Diberi Gelar Adat I Palewai Daeng Matutu

KABARBONE.COM ,WATAMPONE -. Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Pol. Drs. Nana Sudjana, MM diberikan Gelar Kehormatan di sela-sela kunjungan kerja di Bumi Arung Palakka, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Rabu (26/1/2022) sore.

Kedatangan mantan Kapolda Sulawesi Utara tersebut disambut Forkopimda Bone, Bupati Bone Dr HA Fahsar M Padjalangi, Wakil Bupati Bone H Ambo Dalle, Ketua DPRD Bone Irwandi Burhan, Kapolres Bone AKBP Ardiansyah, Dandim 1407 Bone Letkol Kav Budiman.

Bacaan Lainnya

Mantan Kapolda Metro Jaya tersebut diberikan Gelar Kehormatan di Kompleks Arajange, Rujab Bupati Bone.

Pemberian gelar kehormatan diawali dengan penyambutan secara adat seperti Teddung Pulaweng, Tarian Padduppa, osong, dan pengalungan bunga kepada Kapoda Sulsel dan Ibu Kapolda.

Saat di Di Museum Arajange kompleks Rumah Jabatan Bupati Bone, Kapolda Sulsel diterima sebagai tamu kehormatan oleh Dewan Adat Bone.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Sulsel diberikan gelar kehormatan oleh Dewan Adat Bone dengan gelar Ipalewai Daeng Matutu yang bermakna sosok pemimpin yang mampu memberikan perlindungan keamanan dengan penuh perinsip kehati-hatian.

Pemberian gelar adat itu ditandai dengan pemasangan sarung sutera, jas tutup adat Bone, songkok Recca dan Keris oleh Bupati Bone di Museum Arajange.

Kapolda Sulsel mengaku bangga dan mengucapkan terima kasih atas amanah diberikan gelar kehormatan oleh Dewan Adat Bone.

“Suatu kehormatan besar bagi saya pribadi dan juga Polri karena mendapatkan suatu kepercayaan amanah gelar kehormatan dari dewan adat Bone,” kata Kapolda Sulsel.

Baca Juga  Tim Penilai Polda Sulsel Sambangi Wanua Ewako Bone

Bagi Kapolda pemberian gelar kehormatan ini bakal dijaga sebaik-baiknya. Pasalnya sudah menjadi warga kehormatan Kabupaten Bone yang dikenal dengan adatnya yang tinggi.

“Saya mengucapkan terima kasih rencana diberikan gelar kehormatan, saya kedepan akan melangkah dengan sebaik-baiknya,” kata Nana Sudjana.

Sementara itu Bupati Bone Dr HA Fahsar M Padjalangi menuturkan kunjungan Kapolda Sulsel ke Bumi Arung Palakka memberikan semangat dalam percepatan vaksinasi Covid 19.

“Kami di Bone akan bangkit dengan hadirnya bapak Kapolda, ini menjadikan berkah di Kabupaten Bone dalam penanganan kesehatan dan peningkatan kesejahteraan,” kata Ketua FISIP Unhas ini.

Dia menyebutkan saat ini Kabupaten Bone yang menjadi kabupaten terbesar kedua jumlah penduduknya di Sulsel, sudah 71 persen masyarakatnya sudah divaksin.

”Kita terus melaksanakan vaksinasi, usia 12 tahun ke atas sebanyak 71 persen atau 452.649 jiwa sudah divaksin dari target 634.982 jiwa, untuk usia 6-11 tahun keatas baru 1,89 persen atau 1.416 jiwa dari target 74.903,” kata Andi Fahsar.

Sementara itu untuk gelar kehormatan kepada Kapolda Sulsel, Bupati Bone menyebut sudah menjadi Dewan Adat Bone sebagai bentuk penghormatan kepada pejabat negara yang berkunjung ke Bone.

“Pemberian gelar adat ini sebagai bentuk penghormatan dan kebanggaan kami dalam menerima tamu pejabat negara, dengan diberikan gelar adat ini sudah menjadi bagian dari keluarga Kabupaten Bone,” kata Fahsar.

Diketahui, kunjungan perdana orang nomor satu Polda Sulsel untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid -19 untuk anak usia 6-11 tahun di Lapangan Basket, Kompleks Lapangan Merdeka Watampone.

Ribuan warga kabupaten Bone memadati acara vaksinasi anak yang dilaksanakan Polres Bone kerjasama. (dy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *