Selangkah Lagi Andi Sudirman Sulaiman Bakal Menjadi Gubernur Termuda di Indonesia

KABARBONE.COM, MAKASSAR– Sejak Nurdin Abdullah, mantan Gubernur Sulawesi Selatan diberhentikan dari jabatannya atas dugaan kasus gratifikasi atau suap proyek di Sulawesi Selatan pada Februari 2021, Andi Sudirman Sulaiman sebagai wakil gubernur akhirnya ditunjuk untuk menggantikan.

Andi Sudirman yang merupakan adik kandung dari mantan Menteri Pertanian Amran Sulaiman itu, selanjutnya disebut sebagai gubernur termuda.

Bacaan Lainnya

Penunjukan Andi Sudirman Sulaiman sebagai Gubernur Sulawesi Selatan baru sesuai dengan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 9 Tahun 2022 tentang Pengesahan Pemberhentian Gubernur Sulawesi Selatan masa jabatan tahun 2018-2024 dan penunjukan Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Masa Jabatan 2018-2023. Dalam Kepres tersebut berisi beberapa poin di antaranya:

Pertama, mengesahkan pemberhentian Nurdin Abdullah sebagai Gubernur Sulsel masa jabatan tahun 2018-2023

Kedua, menunjuk Andi Sudirman Sulaiman, Wakil Gubernur Sulsel masa jabatan 2018-2023 sebagai pelaksana tugas untuk melaksanakan wewenang dan kewajiban sebagai Gubernur Sulsel masa jabatan tahun 2022-2023.

Melansir dari laman sulselprov.go.id, Andi Sudirman Sulaiman lahir di Kabupaten Bone pada 25 September 1983.

Dia adalah anak ke dua dari sebelas bersaudara. Ayahnya merupakan seorang anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan petani, sedangkan ibunya seorang ibu rumah tangga.

Pada 1995 Andi Sudirman menamatkan jenjang pendidikan sekolah dasar, kemudian beralih ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Ujung Lamuru Lappariaja, Bone.

Selanjutnya, lulus dari SMAN 1 Watampone pada 2001. Setelah tamat SMA, dia melanjutkan pendidikannya di Universitas Hasanuddin Makassar dan berhasil meraih gelar S1 di Fakultas Teknik Mesin pada tahun 2005.

Baca Juga  5 Tahun Tidak Beroperasi, Bandara Arung Palakka Segera Beroperasi Berkat Sosok ini

Semenjak duduk di bangku sekolah menengah hingga perguruan tinggi, Andi Sudirman aktif mengikuti berbagai organisasi dan menyabet berbagai penghargaan atas prestasi-prestasinya.

Pelantikan Andi Sudirman Sulaiman akan dilakukan pada awal tahun ini, namun masih belum diketahui kapan kepastian waktu pelantikan tersebut.

Mengutip dari laman resmi Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, jika Andi Sudirman berhasil dilantik sebagai gubernur baru, maka menandai bahwa Andi menjadi gubernur termuda pada usia 38 tahun, dengan periode jabatan 2022 hingga 2023 mendatang.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *