Peringatan HAB ke-76, 46 PNS Lingkup Kemenag Bone Dapat Satyalancana dari Presiden RI

KABARBONE.COM, WATAMPONE – Genap 76 Tahun, Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bone melakukan kegiatan upacara penaikan bendera dalam rangka Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama RI yang diperingati setiap 3 Januari 1946.

Upacara digelar di Tribun Lapangan Meredeka Kabupaten Bone, Senin (3/1/2022) pada pukul 08.00 Wita.

Bacaan Lainnya

Kemenag Bone menjadi perdana melaksanakan upacara di Lapangan Merdeka di era new normal sejak pandemi covid-19 melanda.

Turut Hadir Wakil Bone Bapak Drs. H. Ambo Dalle ,M.M., Sekretaris Daerah Kabupaten Bone Bapak Drs. H. A. Islamuddin, M.H., Danrem 141 TP, Dandim 1407 Bone, Kapolres Bone, Kepala Kantor Kemenag Kab. Bone, Komandan Detasemen Polisi Militer (Dandempom) Bone serta tamu undangan.

Dari kiri ke kanan, Wakil Bupati Bone Ambo Dalle, Komandan Detasemen Polisi Militer (Dandempom) Bone, Bupati Bone Andi Fahsar M. Padjalangi, Kakan Kemenag Bone Dr Wahyudi Hakim, S.Pd.,M.Hum.

Bupati Bone Dr. H. Andi Fahsar Mahdin Padjalangi, M.Si bertindak selaku inspektur upacara.

Pada kesempatan itu, Bupati Bone dua periode ini membacakan Pidato Seragam Menteri Agama RI yang dimuat dalam lima halaman.

Dalam pidato tersebut, Bupati Bone menyampaikan prestasi Kementerian Agama Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama ini telah diraih lima tahun berturut-turut.

“Jika dari perspektif tata kelola keuangan, Kementerian Agama juga mampu mempertahankan prestasinya. Kementerian Agama kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan tahun 2020. Capaian ini menjadi prestasi yang diraih selama lima tahun berturut-turut sejak tahun 2016,” Kata Andi Fahsar saat membacakan pidato Menag.

Ia juga menyampaikan tagline yang diangkat dalam peringatan HAB ke 76 Kementerian Agama RI.

Baca Juga  Alami Typoid, Kondisi Bupati Fahsar Membaik

“Apa yang kemudian menjadi tagline Peringatan Hari Amal Bakti ke-76 Kementerian Agama, yaitu Transformasi Layanan Umat akan dengan cepat dan mudah dilakukan. Transformasi yang dimaksud meliputi perubahan sikap dan perilaku yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta peningkatan sarana dan prasarana atau infrastruktur yang mempercepat dan mempermudah kinerja Kementerian Agama dalam memberikan layanan kepada masyarakat.” Pungkasnya.

Penyematan Pin Satyalancana kepada 46 ASN lingkup Kemenag Bone oleh Bupati Bone Andi Fahsar M Padjalangi.

Upacara ini juga diisi penyematan satyalancana kepada 46 Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Kemenag Bone.

Sebanyak 23 orang pengabdian 10 tahun, 18 orang pengabdian 20 tahun dan 5 orang pengabdian 30 tahun.

Penghargaan dari Presiden RI itu, disematkan oleh Bupati Bone dan turut mendampingi, Wakil Bupati Bone Ambo Dalle, para unsur Forkopimda Bone dan Kepala Kantor Kemenag Bone Dr. H. Wahyudi Dr H Wahyudi Hakim, S.Pd.,M.Hum.

Penyerahan santunan BPJS Jamsostek oleh Kakan Kemenag Bone Dr H Wahyudi Hakim.

Dalam kesempatan tersebut turut dilakukan penyerahan Santunan BPJS Ketenagakerjaan kepada Almarhun Idrusman, Baznas Unit Penyuluh Agama kepada Ibu Surianti selaku Ahli waris oleh Bupati Bone.

Upacara berlangsung khidmat dan dirangkaikan Pembukaan PORSENI HAB ke 76 Kemenag Bone.

Pembukaan ditandai dengan pelepasan Balon Udara dan puluhan burung merpati sebagai tanda pembukaan PORSENI HAB ke 76 Kemenag Bone.

Kegiatan ditutup dengan penampilan tarian Timummung. Tarian klosal ini menceritakan kegembiraan masyarakat Bone akan hasil panen padi yang melimpah. Sehingga digelar pesta panen yang merupakan tradisi Bugis Bone seperti “Mappere” (ayunan raksasa) dan mappaddekko (menumbuk padi pada lesung) sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat kepada sang pencipta.

Kepala Kantor Kemenag Bone Dr H Wahyuddin Hakim, mengungkapkan rasa syukur dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mensuksekan peringatan HAB tahun ini.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan kegiatan ini,” ucapnya.

Baca Juga  Pemkab Bone Gelar Khatam Al Quran dan Doa Bersama Sambut Tahun Baru Islam 1444 Hijriah
Pelepasan burung merpati dan balon tanda dimulainya PORSENI HAB ke-76 Kemanag Bone oleh segenap Forkopimda Bone.

Turut hadir Pejabat Pengawas Kantor Kemenag Bone, para Kepala KUA Kecamatan, Kepala Madrasah Negeri, Ketua DWP Kemenag Bone beserta anggota, para Tokoh Lintas Agama Kabupaten Bone, para Pimpinan Bank BNI, BSI, BRI, Muamalat Cabang Bone.

Sementara peserta upacara di Tribun Lapangan Merdeka, para Pegawai Kantor Kemenag Bone dan KUA Kecamatan, Guru Madrasah, Penyuluh Agama Islam, dan Siswa Madrasah Wilayah Kota Watampone. (ADV)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan