Jelang Pilbup 2024, Yaqkin-Rio Berebut Tahta, Kubu Padjalangi Pecah Kongsi ?

KABARBONE.COM, WATAMPONE– Kabar tak sedap datang dari keluarga besar Padjalangi disaat dalam kondisi masih berduka atas wafatnya Alrmarhum H. Andi Mulyana Padjalangi kakak kandung Bupati Bone Andi Fahsar Mahdin Padjlangi, Rabu lalu (22/12/2021).

Diakhir periode Andi Fahsar Mahdin Padjalangi sebagai Bupati Bone yang akan berakhir 2023 mendatang, santer mencuat ke publik isu pecah kongsi di kubu keluarga Pajdalangi menjelang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) 2024.

Bacaan Lainnya

A. M. Yaqkin Padjalangi dan Andi Rio Idris Padjalangi (Arip) menurut informasi yang berhembus kencang disejumlah warung kopi di Bone, akan berhadap-hadapan dan bertarung terbuka di Pilbup 2024 sebagai pewaris tahta dinasti Padjalangi.

A. M. Yaqkin Pajdalangi tak lain adalah adik kandung Bupati Fahsar dan Andi Rio adalah kemanakan dari Bupati Fahsar. Yaqkin dan Arip diketahui masih memiliki garis darah sebagai paman dan kemanakan.

Diketahui A. Yaqkin kini tercatat sebagai Wakil Ketua DPD PDI-P Provinsi Sulsel dan Andi Rio kini duduk di Komisi III DPR RI Fraksi Golkar. Diketahui Arip juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPP Partai Golkar.

“Baso Yaqkin akan maju calon Bupati Bone 2024. Saya dapat infonya saat datang ta’ziah malam terakhir di kediaman Baso Fahsar. Tim Baso Yagkin sudah terbentuk dan sementara konsolidasi,” ujar sumber yang dirahasiakan identitasnya, Jumat malam (24/12/2021).

A. M. Yaqkin Padjalangi yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua DPD PDI-P Provinsi Sulsel yang dihubungi kabarbone.com menanggapi biasa isu tersebut.

Baca Juga  Menanti Duel Panas Andi Akmal VS Andi Rio di Pilkada Bone 2024, Siapa Rising Star Berikutnya Setelah Fahsar ?

“Belum waktunya di publish ndi. Tergantung hasil kerja tim yang terekam. Nanti lewat survey,” kata Yaqkin melalui pesan WhatsApp yang dilayangkan ke redaksi kabarbone.com, Sabtu (25/12/2021).

Ketua DPC PDI-P Kabupaten Bone Bachtiar Malla yang dikonfirmasi tak menampik soal isu tersebut. Bahkan kata anggota DPRD Bone ini, partai PDI-P jauh hari telah mempersiapkan kader terbaiknya untuk diusung menjadi calon Bupati Bone.

“Iya kami tak menampik soal majunya nanti A. Yaqkin di Pilbup mendatang. Intinya kami terus menjaring kader terbaik partai yang bisa diusung nantinya. Intinya mesin partai terus bekerja untuk mengamankan kursi di legislatif dan mempersiapkan kader terbaik untuk diusung calon bupati Bone ke depan,” kata Bachtiar Malla lewat sambungan telepon, Sabtu (25/12).

Andi Idris Rio Padajlangi yang coba dimintai keterangan soal isu tersebut belum bersedia memberikan tanggapan.
Telepon dan pesan whatsApp yang dilayangkan belum dibalas hingga berita ini dimuat.

Tim Arif Supporting Dr Andi Sugirman yang coba dikonfirmasi menjelaskan belum tahu menahu soal konsolidasi internal keluarga Padjalangi terkait Pilbup mendatang.

Namun Andi Sugirman menegaskan, jika A.Yaqkin maju di Pilbup 2024 mendatang, dikubu Arip tidak mempersoalkan hal tersebut. Karena menurutnya keduanya masing-masing memiliki hak politik.

“Diinternal keluarga Padjalangi belum ada yang dibahas seperti itu. Intinya dikubu Arip tidak mempersoalkan jika A. Yaqkin juga maju nantinya, karena itu hak politik beliau,” pungkasnya.

Terpisah, Ketua Komisi IV DPRD Bone Fraksi Golkar Andi Ryad Padjalangi yang juga kemanakan Bupati Fahsar yang dihubungi kabarbone.com, membantah jika diinternal keluarga besar Padjalangi sudah ada pembahasan terkait siapa nanti yang akan mewakili keluarga Padjalangi untuk maju di Pilbup 2024 nantinya.

Baca Juga  Sukses Gelar Pilkades, Andi Gunadil Ukra Disebut Cawabup Ideal di Pilbup Bone 2024

“Biarkan saja ada isu seperti itu dimasyarakat. Kita ini masih dalam suasana berduka, dan dari pihak keluarga belum ada pembahasan seperti itu,” ungkap Baso Ryad. (dy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *