Kejar Target, Pemda Bone Berlakukan Sanksi bagi Warga yang Menolak Divaksin

KABARBONE.COM, WATAMPONE – Capaian Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bone Sulawesi Selatan masih rendah.

Data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bone, masyarakat Bone yang sudah divaksin baru 33 persen atau 210 ribu jiwa dari target vaksin 630 ribu jiwa, dan masih ada sisa 420 ribu jiwa belum divaksin.

Bacaan Lainnya

Padahal Pemkab Bone telah menargetkan hingga akhir tahun 2021 target vaksin sebesar 70 persen atau 630 ribu jiwa dapat dicapai.

Untuk mencapai target tersebut, Pemda Bone mulai putar otak, dan akan menerapkan Perpres Nomor 14 tahun 2021 yakni memberlakukan sanksi adminitrasi dan denda bagi warga yang enggan melakukan vaksin kecuali warga yang memiliki riwayat penyakit

Hal ini ditegaskan Wakil Bupati Bone Ambo Dalle saat memimpin rakor bersama Forkopimda Bone, para kepala OPD, dan Forkopimcam yang digelar di Gedung PPK Jl. A. Mappanyukki, Watampone Jumat (26/11/2021) kemarin.

Kata dia, proritas pemerintah daerah bersama instansi terkait hingga saat ini yakni pencapaian target vaksinasi Covid -19.

“Setiap orang yang telah ditetapkan sebagai sasaran penerima Vaksin COVID-19 yang tidak mengikuti Vaksinasi COVID- 19 sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dapat dikenakan sanksi administratif, berupa, penundaan atau penghentian pemberian jaminan sosial atau bantuan sosial,” tegas Ambo Dalle.

“Kemudian penundaan atau penghentian layanan administrasi pemerintahan; dan/atau c. denda, Pengenaan sanksi administratif dimaksud dilakukan oleh kementerian, lembaga, pemerintah daerah (pemda), atau badan sesuai dengan kewenangannya,”katanya lagi.

Baca Juga  Petani Desa Baringeng Sukses Kembangkan Tanaman Jahe, Wabup Bone Hadiri Panen Raya

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Bone ini lanjut mengatakan untuk mencapai target vaksinasi, minimal 12 800 jiwa divaksin setiap hari mulai besok (hari ini,red) sampai akhir Desember baru bisa tercapai target.

Sehingga kata Ambo Dalle, camat bersama Forkopimcam harus memperhatikan wilayah desa dan kelurahan untuk capai target.

“Demikian pula dengan OPD, ditargetkan semua pegawainya baik PNS dan tenaga kontrak semua sudah vaksin termasuk keluarganya,” kataPolitisi Senior Golkar ini.

Hadir Forum Koordinasi Pimpinan Daerah(Forkopimda) Kabupaten Bone, mulai Kapolres Bone AKBP Ardyansyah, Ketua DPRD Bone Irwandi Burhan, SE., Kasdim 1407 Bone Mayor Arm A Tenrisau S.Pd, Sekda Bone. Drs H. Andi Islamuddin, Kepala Organisasi Perangkat Daerah(OPD), Forkopimcam, dan instansi terkait. (dy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan