Pertemuan Akbar se Dunia, Ratusan Keturunan Raja Bone ke XVI Bersua

KABARBONE.COM, WATAMPONE– Meski sempat tertunda karena pandemi Covid-19, Wijanna Puatta Lapatau Matanna Tikka Matinroe RI Nagauleng (Keturunan Raja Bone ke XVI) akhirnya menggelar Pertemuan Akbar sedunia yang bertempat di Planet Cinema Jalan Dr Wahidin Sudirohusudo, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan pada Sabtu (20/11/2021).

Mengumpulkan kurang lebih seribuan undangan yang berasal dari berbagai penjuru negara seperti Malaysia, Eropa dan berbagai wilayah Provinsi yang ada di Indonesia dengan tujuan melestarikan adat dan budaya juga mempererat silaturahmi sesama rumpun.

Bacaan Lainnya

Sejumlah acara teragenda, mulai dari pameran makanan tradisional, benda pusaka, persembahan kesenian seperti tari-tarian maggiri, tudang sipulung hingga Ziarah Kubur La Patau Mattanna Tikka Matinroe ri Nagauleng di Kecamatan Cenrana dan lanjut ke Tanjung Pallette. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari Sabtu -Minggu (20-21/11/2021).

Dalam sambutannya sebelum membuka acara, Bupati Bone yang diwakili oleh H. A. Islamuddin selaku Sekretaris Daerah mengatakan sangat bangga dan mengapresiasi atas terlaksananya acara yang melibatkan Keluarga Besar Kerajaan Bone (Lapatau Matanna Tikka) yang berasal dari berbagai Wilayah Provinsi dan Negara bida terlaksana dengan Sukses, sekaligus saya mengucapkan Selamat Datang di Kampung Halaman, semoga bisa mengobati Kerinduan. Kemudian melanjutkan dengan memukul Gong sebagai tanda resminya dibuka acara Akbar ini.

Salah satu Wijanna Puwatta mewakili rumpun Arung Attang Lamuru Aserae Bate Lakaseng Arung Raja, Andi Massarappi MH Petta Sikki mengatakan sangat senang dan terharu atas diadakannya acara ini, sehingga melalui kegiatan ini keluarga kita yang terpisah ratusan tahun akhirnya ketemu kembali, selain meningkatkan daya wisata ke kampung halaman kita di Bone juga menaikkan taraf UMKM di kabupaten Bone.

Baca Juga  Penghapusan Denda Dongkrak Realisasi Penerimaan Pajak Kendaraan di Samsat Bone Hingga 97 Persen

Sementara itu, Fadli Andi Yusuf selaku Koordinator Humas dan Publikasi mengatakan acara ini berlangsung meriah. Pertemuan keluarga ini dihadiri ratusan keturunan Puatta dari berbagai penjuru. Namun demikian, pertemuan tersebut tetap memperhatikan protokoler kesehatan.

Lebih lanjut mantan Jurnalis Trans TV menegaskan bahwa walau persiapan acaranya cukup mepet, namun semangat panitia tidaklah surut untuk menyukseskan acara Silaturrahmi Akbar se dunia ini.

Acara ini turut dihadiri A.Rio.Idris.Padjalangi, SH, M.Kn (Anggota DPR RI), A. Muawiayah Ramli (Anggota DPR RI), A.Iwan Darmawan (Anggota DPR RI), Andi Baso Hamid (Ketua Dewan Adat Kab. Bone), Andi Bau Akram (Raja Mamuju), H.A.M.Amin Syam (Mantan Gubernur SulSel), Hj. Andi Hafidzah (Kadis Kebudayaan Makassar mewakili Walikota Makassar), Andi. Syamsu Alam (Mantan Bupati Bone), Andi. Bau Irman Mappanyukki, H. A. M. Yushan Latenri Tappu (Wasekjend Cendekiawan Keraton Nusantara) dan Keturunan Lapatau Matanna Tikka dari berbagai wilayah. (dy).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan