Capaian Vaksinasi di Bone Masih Rendah, Rangking 21 Sulsel

KABARBONE.COM, WATAMPONE – Capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan ternyata masih rendah.

Kabupaten Bone berada di peringkat 21 dari 24 kabupaten/kota se Sulawesi Selatan atau urutan ketiga dari bawah.

Bacaan Lainnya

Hal ini dikatakan Juru Bicara Satgas Covid-19, dr. Yusuf Tolo M.Kes saat ditemui diruangannya, Jumat (8/10/2021).

Yusuf menjelaskan dari target vaksinasi Kabupaten Bone 634.628 orang hingga Oktober baru tercapai 21,5 persen atau sekitar 136 ribu lebih yang telah mendapatkan vaksin dosis pertama dan kedua.

Selain sasaran dan lokasi wilayah Kabupaten Bone yang luas, keterbatasan tenaga vaksinator kata Yusuf juga menjadi kendala.

“Stok vaksin kita selalu tersedia, namun salah satu kendala kita tenaga vaksinator yang terbatas. Di setiap Puskesmas di kecamatan hanya ada 2 orang tenaga vaksinator. Namun jika dibandingkan kabupaten lain seperti Barru, yang jumlah sasarannya sedikit, capaian vaksinasi kita jauh lebih tinggi,” ungkapnya.

Kata Dia dengan keterlibatan TNI-Polri dalam kegiatan serbuan vaksinasi massal Covid-19 dengan melibatkan kelompok masyarakat seperti ormas dan mahasiswa turut membantu untuk mempercepat target vaksinasi.

Namun Yusuf mengatakan untuk mencapai target 70 persen masyarakat yang menjadi sasaran vaksinasi hingga Desember 2021, butuh kerja keras dan perlu keterlibatan semua pihak khususnya masyarakat yang menjadi target vaksinasi agar secara sadar ikut kegiatan vaksinasi agar Herd Immunity (Kekebalan kelompok ) segera terbentuk.

Yusuf kembali mengatakan Pemberlakuan Kepres Nomor 14 tahun 2021 tentang sangsi administrasi dan denda bagi masyarakat target vaksinasi yang tidak ikut kegiatan vaksin masih dipertimbangkan keefektivisannya untuk diberlakukan di Bone, meski di Kabupaten lain seperi Bantaeng kata Yusuf sudah diberlakukan, sebagai upaya pemerintah melakukan percepatan vaksinasi.

Baca Juga  Sulsel Terima 66.640 Dosis Vaksin COVID-19, Segini Jatah Kabupaten Bone

“Saat ini Dinkes Bone dan jajaran terus melakukan percepatan dengan menyasar sekolah dan desa-desa. Harapan kita target vaksinasi kita secara keseluruhan bisa kita capai,” harapnya. (dy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *