Rumah Adat Bola Soba Hangus Dilalap Si Jago Merah

KABARBONE.COM, WATAMPONE – Rumah adat atau Bola Soba yang bertempat di Jalan Latenritatta, Kabupaten Bone Sulawesi Selatan kini dilahap si jago merah Sabtu 20 Maret 2021, sekitar pukul 03.15 Wita

Akibat kebakaran hebat itu, bangunan yang di bangun pada tahun 1890, di era kepemimpinan raja Bone ke -31, La pawawoi Karaeng Sjgeri MatinroE Ri Bandung ini hanya menyisakan puing-puing bangunan dan rangka tiang yang masih tersisa.

Bacaan Lainnya

Puluhan personil Damkar bersama beberapa unit armada yang dikerahkan di lokasi kebakaran baru mampu menjinakkan api menjelang pagi hari akibat Si Jago merah terlanjur membesar dan melalap hampir seluruh isi bangunan.

Buapati Bone (Kanan) nampak meninjau langsung kondisi Bola Soba Pasca kebakaran, Sabtu 20/3/2021 (dok.humas)

Bupati Bone Dr.H.Andi Fashar Mahdin Padjalangi, didampingi Kapolres Bone AKBP Try Handako Wijaya Putra, meninjau langsung Bola Soba pasca kebakaran, Andi Fashar Mahdin Padjalangi, mengatakan kami masih menunggu hasil pemeriksaan kepolisian atas peristiwa ini agar bisa diketahui penyebab kebakaran ini.

“Pemerintah Daerah akan berupaya membangun kembali Bola Soba seperti sediakala sesuai bentuk dan ukuran Bola Soba,” kata A. Fahsar.

Sejumlah tim Inafis dari Polda Sulsel terjun dilokasi kebakaran, untuk penyelidikan kasus kebakaran di rumah adat Bola Soba bersejarah itu untuk mengetahui penyebab terjadinya kebakaran.

Pasca kebakaran, sejumlah masyarakat Bone berbondong- bondong ke lokasi untuk melihat langsung kondisi Bola soba yang kini tinggal kenangan (dy)

Baca Juga  Tim Redaksi Kabar Bone Serahkan Amanah Para Donatur ke Korban Kebakaran Desa Lamuru

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *