Guru MTsN Bone 4 Bone Juara I Lomba Video Pembelajaran Tingkat Sulsel

KABARBONE.COM, MAKASSAR – Memperingati Hari Guru Nasional dan HUT PGRI Ke 75 pada November 2020 lalu, Pengurus Wilayah PGRI Provinsi Sulawesi Selatan gelar lomba yang bertajuk video pembelajaran.

Lomba diikuti oleh seluruh guru dari 24 Kab/Kota se Sulawesi Selatan yang merupakan rekomendasi dari PGRI Kabupaten masing-masing.

Bacaan Lainnya

Ismail, S.Pd guru MTsN 4 Bone dari Kecamatan Libureng menjadi salah satu peserta dari lomba tersebut. Dirinya mengikuti lomba atas rekomendasi ketua PGRI Kecamatan Libureng A. Ridwan, S.Pd.I yang tiada lain Kepala Madrasahnya sendiri. Ia menceritakan awal mulanya ditunjuk.

“Awalnya diminta oleh Ketua PGRI Libureng yang tiada lain Kepala MTsN 4 Bone untuk mempelajari juknis lomba, kalau bisa silahkan ikut, tapi beliau berharap ada yang mewakili dari madrasah”, ungkap Ismali.

Pria kelahiran Sinjai, 17 Agustus 1991 ini akhirnya mencoba mempelajari juknis sambil mencari referensi video pembelajaran yang sesuai kriteria lomba sekaligus menyusun materi ajar yang akan dibawakan.

Menurutnya, yang menjadi tantangan bagaimana meramu materi yang biasanya di sampaikan tiga jam pelajaran di depan kelas menjadi video dengan durasi tidak boleh lebih dari sembilan menit. Namun semua materi tersampaikan dan peserta didik mudah untuk memahami.

Hari ke tiga sebelum batas deadline, Ismail melakukan proses pengambilan gambar di salah satu studio yang dibantu rekan pendidik. Proses pengambilan gambar dilakukan dua kali hingga akhirnya video siap dikirim.

“Setelah kirim video, saya tidak pernah memantau bagaimana perkembangan lombanya, kapan diumumkan, yang intinya amanah dari ketua ranting PGRI Kecamatan Libureng telah saya laksanakan”, ujar Ismail.

Baca Juga  Kakan Kemenag Bone Buka Bimbingan Pra Nikah Angkatan Pertama

Ia tidak menyangka akan meraih juara dalam lomba tersebut. Bahkan dirinya dinobatkan sebagai juara satu.

”Dua bulan setelah pengumpulan video tiba-tiba panitia lomba berikan informasi untuk hadir di Konferensi Kerja PGRI Tingkat Provinsi Sulsel bertempat di UNM Menara Phinisi Makassar pada 6 Februari 2021 sekaligus mendengarkan pengumuman juara untuk tiga besar”, ungkapnya.

Menurutnya, masuk tiga besar se Sulsel sudah luar biasa baginya bahkan posisi berapapun itu sudah disyukuri. Namun ketika doa dan harapan terkabulkan, ketua dewan juri bacakan nama pemenang disaat acara Konferens Kerja itu yang bertemakan Peran Strategi PGRI dalam Mewujudkan SDM Indonesia Unggul.

“Ketika dibacakan, tiba-tiba di sebutkan namaku utusan Kabupaten Bone sebagai juara satu dalam lomba ini”, ungkapnya.

Piagam dan uang pembinaan lagsung diserahkan kepada Ismail oleh Wakil Gubernur Sulsel didampingi oleh ketua PGRI Provinsi Sulsel. (dy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan