Deretan Harta Kekayaan Menteri Baru Jokowi, Ini yang Paling Tajir

KABARBONE.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo akan melantik enam menteri baru hasil resuffle kabinet pada Rabu pagi, 23 Desember 2020.

Dilansir tempo.co.id, keenam menteri itu adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Bacaan Lainnya

Lalu Menteri Agama Yaqut Cholil Quoumas, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, dan Menteri Kelautan dan Perikanan Wahyu Sakti Trenggono.

Sebanyak empat dari enam menteri itu telah menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara ke Komisi Pemberantasan Korupsi. Dari data di situs LHKPN KPK diketahui ada menteri yang memiliki harta triliunan rupiah dan terkecil sebanyak Rp 7 miliar. Berikut adalah daftarnya.

Risma

Perempuan yang akrab disapa Risma ini terakhir menyetorkan harta kekayaanny saat menjabat Wali Kota Surabaya pada Maret 2019.

Dia tercatat memiliki total harta Rp 7,1 miliar. Hartanya terdiri dari 4 bidang tanah dan bangunan, dua mobil dan kas. Risma menjadi menteri baru dengan harta yang paling sedikit.

Muhammad Lutfi

Lutfi melaporkan hartanya pada 2014 saat masih menjabat Menteri Perdagangan. Menurut data KPK, hartanya berjumlah Rp 123,5 miliar. Hartanya didominasi oleh kepemilikan surat berharga sebanyak 85 miliar.

Budi Gunadi Sadikin

Total harta Menteri Kesehatan pengganti Terawan Agus Putranto ini berjumlah Rp 161 miliar. Laporan hartanya itu dia serahkan pada Maret 2020 saat menjabat Wakil Menteri BUMN. Budi Gunadi Sadikin tercatat memiliki enam bidang tanah dan bangunan, serta tiga mobil. Harta lainnya berbentuk surat berharga dan uang kas.

Baca Juga  Jokowi Disebut Restui Pilpres Digelar Februari 2024, Pilkada September

Sandiaga Uno

Sandiaga Uno menjadi menteri baru Jokowi yang paling tajir atau kaya. Menurut laporan harta kekayaan yang disetorkan saat maju menjadi calon wakil presiden pada 2018, total harta Sandiga sejumlah Rp 5,09 triliun. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini tercatat memiliki tanah dan bangunan yang tersebar di Jakarta hingga Amerika Serikat. Hartanya yang paling banyak didominasi oleh kepemilikan surat berharga senilai Rp 4,7 triliun. (dy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan