Tito Minta Pemda Pastikan Nomor Ponsel Siswa Didata untuk Bantuan Kuota

KABARBONE.COM, JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melakukan rapat koordinasi (rakor) virtual dengan seluruh kepala daerah.

Rapat dilakukan guna memastikan implementasi kebijakan pembelajaran di masa pandemi Corona (COVID-19).

Bacaan Lainnya

Dalam rapat itu, Tito mengingatkan para pimpinan pemerintah daerah (pemda) untuk berkoordinasi dengan sekolah agar melakukan pengisian nomor handphone (HP) siswa ke data pokok pendidikan (dapodik). Sebab, siswa yang nomor HP-nya terdata di Dapodik akan mendapat bantuan kuota.

“Saya meminta Pemda untuk meningatkan sekolah memastikan pengisian nomor handphone siswa di dapodik untuk menerima bantuan penyediaan kuota,” kata Tito dalam keterangan tertulis pada Rabu, 2 September 2020, seperti dilansir detik.com

Tito mengimbau pemda untuk memastikan implentasi dari Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri soal Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran 2020/2021 di Masa Pandemi COVID-19.

Dia juga meminta pemda untuk mengawasi pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi.

“Pemda diimbau untuk memastikan dan mengawasi implementasi SKB di sekolah,” ujar Tito.

Dalam kesempatan yang sama, Nadiem menekankan keutamaan kesehatan dan keselamatan peserta didik dan tenaga pendidik. Menurutnya, bukan hanya kesehatan fisik namun kesehatan psikososial juga perlu diperhatikan selama masa pandemi Corona.

“Prinsip kebijakan pendidikan di masa pandemi COVID-19 adalah mengutamakan kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat secara umum, serta mempertimbangkan tumbuh kembang peserta didik dan kondisi psikososial dalam upaya pemenuhan layanan pendidikan selama pandemi COVID-19,” kata Nadiem dalam keterangannya.

Diketahui, pemerintah telah mengizinkan zona hijau dan kuning terkait COVID-19 untuk membuka pembelajaran tatap muka di sekolah.

Baca Juga  Bisnis Kembali Begairah Selama Pandemi, Sebagian Masih Loyo

Panduan terkait hal tersebut tertuang dalam SKB 4 Menteri soal Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran 2020/2021 di Masa Pandemi COVID-19.

Kemendikbud juga telah mengeluarkan berbagai kebijakan guna meringankan beban guru dan siswa di masa pandemi COVID-19. Salah satunya terkait bantuan kuota internet yang diperuntukkan bagi siswa, guru, dosen, dan mahasiswa.

Nantinya, kuota akan diberikan dalam bentuk pulsa kepada nomor HP yang terdaftar di Aplikasi Dapodik. Pemerintah menyatakan tenggat pengisian nomor handphone siswa dalam Dapodik adalah 11 September 2020.

“Pemberian pulsa berdasarkan nomor handphone yang telah diinput dalam Dapodik,” ungkapya.

(Source:detik.com)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *