Tekan Angka Kemiskinan, Kades di Bontocani Ini Bagikan 100 Ekor Ternak Kambing ke Warganya

Desa Bana
Warga Desa Bana mendapatkan bantuan ternk kambing dari Pemerintah Desa Bana Kecamatan Bontocani Kabupaten Bone yang bersumber dari dana afirmasi dana desa tahun 2020, Senin 9 Agustus 2020 (IST)

KABARBONE.COM, BONTOCANI –  Pemerintah Desa Bana Kecamatan Bontocani, Kabupaten Bone, melakukan gebrakan untuk memutus mata rantai kemiskinan di desanya, dengan membagi-bagikan ternak kambing kepada warganya.

Melalui dana afrimasi yang diterima Desa Bana sebanyak Rp 181.634.000 dari  transfer dana desa tahun ini, sebanyak Rp 170 juta dilakukan pengadaan ternak kambing dan Rp 11.634.000 dialokasikan untuk pelatihan pengembangan ternak bagi penerima manfaat yang dianggarakan di APBDes Tahun 2020.

Bacaan Lainnya

Kades Bana, Ishak S.Pdi kepada kabarbone.com menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu program penanggulangan kemiskinan yang diprogramkan Desa Bana melalui dana afirmasi.

Bantuan ternak yang akan diberikan kepada warga berupa ternak kambing dan sapi, untuk kambing telah disiapkan 100 ekor kambing betina dan 10 ternak kambing jantan.

Dikatakannya, tahap pertama telah diserahkan sebanyak 70 ekor kambing ke 40 KK penerima manfaat yang dilaksanakan, Senin 10 Agustus 2020.

“Ini merupakan hasil keputusan musyawarah desa,, dimana dana afirmasi tahun ini kita anggarkan untuk pengadaan ternak kambing dan sapi untuk diberikan ke warga yang memenuhi persyaratan dalam rangka penanggulangan kemiskinan. Harapan kami, dengan adanya bantuan ini dapat menambah penghasilan warga penerima manfaat utamanya warga kategori pra sejahtera,” ungkap Alumni STAIN tersebut.

Ishak kembali mengatakan, dalam pembagian bantuan ternak kambing tersebut, Pemerintah Desa Bana membuat sistem bergulir.

Baca Juga  Sewindu UU Desa, Gus Halim: Jumlah Desa Mandiri Meningkat

“Kami membuat sistem, penerima pertama memelihara kambing sampai 2 kali beranak, kemudian indukannya diserahkan ke warga yang lain. Begitu seterusnya sampai semua Warga Desa Bana nantinya mendapatkan bagian. Dan Insya Alla, 2 tahun ke depan, Desa Bana bisa menjadi pusat pengembangan ternak kambing,” pungkasnya. (dy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *