Komisi IV DPRD Bone Kunjungan ke Dispeka Bone, Perda Literasi Jadi Pembahasan

KABARBONE.COM, WATAMPONE – Komisi IV Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kabupaten Bone melakukan kunjungan kerja di Dinas Perpustakaan Daerah dan Kearsipan (Dispeka) Kabupaten Bone, Jumat 7 Januri 2020.

Hadir Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Bone, anggota Komisi DPRD Kabupaten Bone, A. Muh. Salam, A. Akhiruddin, Rangga Risaswara, Asrul, dan A. Purnama Sari, Plt Dispeka Kabupaten Bone dan para kepala bidang Dispeka Kabupaten Bone.

Bacaan Lainnya

Dalam pertemuan tersebut, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispeka Kabupaten Bone, Drs. A. Mappangara, MM dalam sambutannya mengatakan perpustakaan di Kabupaten Bone baru-baru ini mendapat award sebagai perpustakan terbaik di Se Indonesia oleh Badan Perpustakan Nasional dalam pengelolaan transformasi perpustakaan berbasis ingkulisi, yang diikuti 56 kabupaten/kota dari 21 provinsi.

Olehnya, dalam pengelolaan perpustakaan kedepan Mantan Camat Ajangale ini mengharapkan dukungan dari Komisi IV DPRD Kabupaten Bone, agar perpustakaan di Bone dapat menjadi kiblat perpustakaan Modern di Sulawesi Selatan.

Dikatakannya juga, tahun ini Dispeka mendapatkan alokasi dan sekitar Rp 1,3 miliar dan Rp 200 juta untuk operasional dan pengelolaan arsip.

“Sehingga Perda tentang Literasi perlu segera diadakan, sebagai salah satu persyaratan bagi Dispeka Kabupaten Bone mendapatkan alokasi anggaran bantun dari pemerintah pusat diantara depot arsip. Selain itu, kami mengharapkan kedepan anggaran operasional Dispeka dapat ditambah,” ungkapnya.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Bone, A. Muh. Salam merespon baik atas usulan tersebut. Dikatakannya, komisi IV DPRD siap menampung semua usulan termasuk mendoromg lahirnya Perda Literasi di Kabupaten Bone.

Baca Juga  DPRD Bone Layangkan Surat Pemanggilan RDPU ke Ketua KPU dan Bawaslu Bone, Forum Pemerhati Demokrasi: Alhamdulillah !

“Tentunya kami akan memperjuangkan, karena hal ini berkaitan dengan pembinaan generasi yang akan datang. Tentunya untuk menciptakan generasi yang melek literasi, sarana dan prasarananya perlu memang tingkatkan,” ujar Politisi Nasdem itu yang akrab disapa Lilo Ak.

Ditempat yang Sama, Anggota Komis IV DPRD Kabupaten Bone Ranggas Risaswara mengatakan jika indeks pembangunan manusia (IPM) di Kabupaten Bone masih sangat rendah yakni urutan 22 dari 24 kabupaten/ Kota di Sulawesi Selatan, sehingga perlu memang didirong minat baca masyarakat dengan dengan menghadirkan perpustakaan ditingkat desa dan kelurahan. (dy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *